Bawa Tas Belanja Tiap Hari, Kenapa Tidak?

Bawa Tas Belanja Tiap Hari, Kenapa Tidak?


Di tengah ancaman sampah plastik yang kian nyata, gerakan menggunakan tas belanja kian ramai digaungkan.

Rahayu, misalnya. Seorang pekerja lepas di Jakarta ini Setiap Saat membawa kantong belanja di dalam tasnya. Kebiasaan ini Pernah berlangsung lama dilakoninya sejak masih duduk di bangku kuliah.

Kebiasaan terus dilakukannya Sampai sekarang ia menemukan kantong belanja yang sangat cocok untuknya. Dengan corak favorit, ia Setiap Saat Self-Esteem saat menjinjing tas belanja tersebut.


“Kantong belanja enggak Setiap Saat saya pakai buat belanja. Cuma buat jaga-jaga aja ketika butuh bawa barang yang cukup banyak,¬†pakai kantong belanja bisa dimasukkin jadi satu. Rasanya cukup Membantu dan Unggul aja gitu,” ujarnya by way of pesan singkat pada CNNIndonesia.com, Selasa (2/7).

Tak hanya Rahayu, rupanya kebiasaan ini Bahkan dilakukan mayoritas pembaca CNNIndonesia.com.

CNNIndonesia.com membuat sebuah polling di akun Instagram ofisial tentang kebiasaan membawa tas atau kantong belanja. Sebanyak 41 persen dari 274 responden mengaku membawa kantong belanja tiap hari layaknya botol air minum atau tumbler.

Sementara yang lain, mengaku kadang membawa (31 persen) dan ada pula yang tidak bawa sama sekali (27 persen).

Padahal, penggunaan tas atau kantong belanja bisa meminimalisasi pemakaian kantong plastik.

CNNIndonesia.com Bahkan bertanya soal apa yang dilakukan saat belanja tapi lupa membawa kantong sendiri. Separuh responden mengaku memilih beli kantong belanja di Tempat.

Sementara sisanya memilih membawa belanjaan sebisanya (37 persen) dan menunda belanja (13 persen).




Ilustrasi. Saat ini Bahkan, banyak orang Pernah berlangsung sadar untuk Setiap Saat membawa kantong belanja setiap hari. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Peringatan Hari Bebas Kantong Plastik Internasional hari ini mengingatkan tentang bahaya kantong plastik sekali pakai terhadap lingkungan. PBB, lewat UN Setting Program, mencatat tiap tahun ada 400 juta ton sampah plastik, termasuk di antaranya kantong plastik sekali pakai.

Tak ada salahnya ‘puasa’ kantong plastik mulai hari ini dan membiasakan diri membawa reusable bag yang lebih ramah lingkungan.

Dari hasil polling di atas, terlihat bahwa cukup banyak orang yang Saat ini Bahkan Pernah berlangsung memiliki kesadaran Berencana pentingnya pemakaian tas belanja sebagai pengganti kantong plastik.

Mereka saja Sebelumnya rajin bawa tas belanja untuk meminimalisasi kantong plastik sekali pakai. Kamu gimana?

(els/asr)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *