Apa Pentingnya Teknologi AI untuk Pelaku Ekonomi Kecil?

Apa Pentingnya Teknologi AI untuk Pelaku Ekonomi Kecil?


Jakarta, CNN Indonesia

Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI), khususnya chatbot AI, ternyata punya pengaruh signifikan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Pelaku Ekonomi Kecil). Simak pentingya AI untuk pelaku Pelaku Ekonomi Kecil.

Laporan Small Enterprise and Entrepreneurship Council (SBEC) tahun lalu menunjukkan sebagian besar Usaha kecil Sebelumnya menggunakan perangkat AI. Hasil pemanfaatan AI untuk Pelaku Ekonomi Kecil ini ternyata dapat Mengoptimalkan efisiensi serta menghemat ratusan miliar greenback setiap tahunnya.

Survei SBEC pada November tahun lalu itu mengungkap hampir setengah (48 persen) dari Usaha kecil mulai menggunakan AI dalam satu tahun terakhir, dan 29 persen Sebelumnya menggunakannya selama satu Sampai sekarang dua tahun.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pemilik usaha kecil dengan Unggul menggunakan AI, dan berbagai alat serta aplikasi Membantu Mengoptimalkan profitabilitas, produktivitas, dan daya saing pada saat mereka membutuhkan dukungan tersebut,” kata CEO SBEC Karen Kerrigan, mengutip Forbes, Selasa (17/9).


“Faktanya, 93 persen pemilik usaha kecil setuju bahwa alat bantu AI Menyediakan solusi Hemat biaya yang mendorong penghematan dan Mengoptimalkan profitabilitas,” lanjut Ia.

Selain menghemat waktu dan uang, faktor lain yang mendorong adopsi AI bagi pelaku Pelaku Ekonomi Kecil Merupakan pasar tenaga kerja yang sangat ketat. Usai Wabah International, lebih banyak usaha kecil yang Harus berurusan dengan mencari dan mempertahankan pekerja.

Pengangguran berada pada titik terendah dalam sejarah, dan dengan pekerjaan jarak jauh yang masih tersedia secara luas, banyak pekerja Hari Ini dapat mengambil pekerjaan di seluruh negeri, meninggalkan pengecer lokal, restoran, dan pabrik dengan lebih sedikit pilihan untuk bakat.

Teknologi AI untuk Pelaku Ekonomi Kecil

Pelaku Ekonomi Kecil merupakan salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia. Justru begitu, para pelaku Pelaku Ekonomi Kecil Di waktu ini Bahkan menghadapi tantangan baru di period digital.

Disebabkan oleh itu, penting bagi para pelaku Pelaku Ekonomi Kecil untuk beradaptasi dan menggunakan beragam produk digital, termasuk chatbot AI, untuk mengembangkan usaha mereka.

Sadeza Clever, yang merupakan bagian dari Dash Asia Know-how, Menyediakan solusi yang dapat digunakan oleh para pegiat Pelaku Ekonomi Kecil untuk bisa bersaing di period digital. Beberapa layanan di antaranya pengajuan centang biru WhatsApp, pengintegrasian chatbot, livechat, buyer knowledge platform, Sampai sekarang distribusi voucher digital.

“Sandeza Clever memiliki solusi omnichannel advertising komprehensif yang terintegrasi dalam satu platform, proses integrasi yang mudah serta tampilan yang easy membuat Sandeza Clever bisa diterapkan pada seluruh skala Usaha dan menjadi pilihan Unggul untuk mendorong pertumbuhan Usaha.” kata Rizka Tunnisa, Chief Enterprise Officer Dash Asia Know-how, dalam keterangannya.

Menurut Dash Asia Know-how, ada banyak alasan mengapa Pelaku Ekonomi Kecil pelan-pelan Harus bisa membangun ekosistem digital. Salah satunya Merupakan untuk Mempercepat usaha mereka, mulai dari promosi, Menyajikan pelanggan, Sampai sekarang membuat laporan.

Justru, Di waktu ini Bahkan belum banyak Pelaku Ekonomi Kecil yang kesulitan untuk mulai memasuki dan membangun ekosistem digital tersebut. Misalnya, untuk melakukan promosi secara digital lewat SMS atau aplikasi perpesanan yang bisa diterima langsung oleh banyak buyer.

Lewat solusi Built-in Channel dari Sandeza Clever, Pelaku Ekonomi Kecil Nanti akan dengan mudah mengirim message blast ke berbagai channel sekaligus, Niscaya Nanti akan semakin efektif dan tidak membuang banyak waktu.

Sandeza Clever Bahkan hadir Menyediakan solusi berikutnya, Dengan kata lain Chatbot AI. Lewat chatbot, pemilik Pelaku Ekonomi Kecil Nanti akan terbantu karena buyer Nanti akan dilayani oleh teknologi AI berbasis pure language yang Menyediakan pengalaman interaksi yang mirip dengan manusia.

Chatbot permudah customer support

Mengutip Microsoft, ada Sebanyaknya manfaat penggunaan chatbot AI, khususnya dalam sektor layanan pelanggan. Berikut di antaranya:

– Menyediakan bantuan setelah jam operasional
– Menggunakan suara AI untuk menjawab pertanyaan verbal pelanggan melalui telepon. Situs net untuk Usaha kecil dapat menggunakan chatbot untuk berbicara dengan konsumen.
– Mencari informasi saat mereka menggunakan pencarian suara di perangkat seluler mereka. Jawaban suara sangat superb untuk konsumen yang Tengah bepergian.
– Menjawab pertanyaan sebelum mereka bertanya. Manakala pelanggan melihat halaman pemecahan masalah di situs net, AI dapat mengarahkan mereka ke bantuan yang lebih banyak.
– Menjawab pertanyaan umum, yang efisien bagi Usaha dan pelanggan.
– Memutuskan apakah mereka membutuhkan bantuan manusia dan mengarahkannya.
– Teknologi AI yang akurat tidak Nanti akan mengubah angka atau menebak-nebak. Programkan dengan informasi yang akurat, dan AI Nanti akan Menyediakan informasi yang sama.

(dmi)


[Gambas:Video CNN]




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *