Detik-detik Dokter Senior FKUI Keluarkan Jarum Pentul dari Lambung

Detik-detik Dokter Senior FKUI Keluarkan Jarum Pentul dari Lambung

Jakarta

Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, membagikan video tindakan mengeluarkan jarum pentul dari lambung. Dikatakan, jarum tersebut sebelumnya Sebelumnya tertanam beberapa hari.

“Alhamdulillah jarum pentul yg sdh tertanam berapa hari bisa dikeluarkan dari lambung tanpa operasi,” tulisnya di media sosial X (Twitter) menjelaskan cerita di balik video tersebut, dikutip atas izin yang bersangkutan.

“Menjadi pelajaran buat yg masih menggunakan jarum pentul buat hijab jgn menggigit jarum saat Ingin pasang hijab,” lanjutnya.


Sampai saat ini Sekarang, video tersebut mendapatkan 21 ribu likes dan diteruskan Sampai saat ini 6,7 ribu kali. Dijelaskan, pengambilan jarum pentul dari lambung tanpa operasi tersebut dilakukan dengan teknik endoskopi.

Dikutip dari WebMD, endoskopi merupakan prosedur nonbedah untuk memeriksa saluran cerna dengan alat yang disebut endoscope Dikenal sebagai selang fleksibel dengan lampu dan kamera untuk mendapat gambaran saluran cerna melalui layar monitor. Beberapa endoscope memungkinkan untuk dipasangi peralatan tertentu sehingga bisa dipakai untuk operasi maupun pengangkatan jaringan.

[Gambas:Twitter]

Insiden Jarum Pentul saat Pakai Hijab

Di kalangan pemakai hijab, jarum pentul cukup populer dipakai untuk menahan lipatan kain. Kerap kali, jarum ini digigit ketika seseorang tengah membetulkan posisi maupun lipatan hijab dan kedua tangannya tidak bisa memegangi jarum.

Kecelakaan ketika menggigit jarum pentul bukan kali ini saja terjadi. Pada Juli 2022, RS Paru Persahabatan Bahkan menangani seorang gadis 19 tahun di Depok, Jabar, yang tersedak jarum pentul.

“Saat itu Ia Di waktu ini sedang memperbaiki hijabnya, dan menggigit jarum pentulnya di mulut. Ini sering kali terjadi,” kata KSM Paru, Divisi Pulmonologi Paru dan Gawat Darurat Napas RSUP Persahabatan dr Mohammad Fahmi, SpP(Ok) dalam konferensi pers ketika itu, Kamis (7/7/2022).

Pasien tersebut mengalami batuk darah, lalu mendatangi sebuah rumah sakit di Depok dan dirujuk ke RS Persahabatan. Dengan teknik bronkoskopi, tim dokter berhasil mengeluarkan jarum tersebut tanpa komplikasi melalui tindakan selama 20 menit.

Gadis Depok tersedak jarum pentul saat benerin hijab. Foto: Screenshot Zoom Konferensi Pers RSUP Persahabatan.

NEXT: Wanti-wanti dokter soal jarum pentul

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *