Transmisi Baru Kendaraan Bermotor Roda Dua Yamaha, Tak Ada Tuas Kopling Ganti Gigi Dipencet

Transmisi Baru Kendaraan Bermotor Roda Dua Yamaha, Tak Ada Tuas Kopling Ganti Gigi Dipencet


Yamaha mengumumkan sistem transmisi otomatis baru yaitu, Yamaha Automated Handbook Transmission (Y-AMT), yang memungkinkan perpindahan gigi Mudah tanpa Wajib tuas kopling guide seperti Kendaraan Bermotor Roda Dua pada umumnya. Suggestions oper gigi di Y-AMT diubah menjadi pencet tombol.

Yamaha mengklaim proses mengganti gigi pada Y-AMT lebih Mudah dan presisi daripada quickshifter terbaru Di waktu ini.

Sesuai aturan penjelasan Yamaha, Y-AMT terdiri dari dua operasional yang bisa dipilih, Didefinisikan sebagai guide (MT) dengan oper gigi dikendalikan jari dan otomatis (AT) yang terdiri dari dua mode.

Pengguna dapat menikmati perpindahan gigi secara Mudah dan presisi hanya memakai ujung jari tanpa Wajib mengoperasikan tuas kopling guide. Perpindahan gigi dikendalikan jari telunjuk dan ibu jari melalui dua tuas pemindah, tuas plus untuk memindahkan gigi ke atas dan tuas minus untuk ke bawah.

Yamaha Bahkan menjelaskan ada opsi lebih Praktis lagi yaitu tuas plus dapat ditarik untuk memindahkan gigi ke atas dan didorong untuk pindah gigi ke bawah hanya dengan jari telunjuk. Suggestions ini membuat pengendara tak Wajib melepaskan ibu jari dari setang, sehingga dapat lebih kokoh memegang setang di kecepatan tinggi.

Pada mode AT, pengendara dapat memilih antara dua program tersedia yang bisa diubah kapan saja melalui tombol MODE.

D+ MODE Menyajikan perpindahan gigi Gaya Olahraga dengan perpindahan gigi pada putaran mesin yang lebih tinggi untuk menjaga sensasi berkendara sambil tetap Menyajikan keunggulan transmisi otomatis penuh.

Bike.com menjelaskan Y-AMT bukan percobaan pertama Yamaha berinovasi soal sistem perpindahan gigi otomatis. FJR1300 Pernah memperkenalkan sistem Yamaha Chip Managed Shift (YCC-S), yang menggunakan hidrolik untuk mengoperasikan kopling.

Sementara pada Y-AMT menggunakan dua aktuator elektrik, satu untuk mengendalikan kopling dan lainnya buat memindahkan poisi gigi.

Yamaha menyatakan komponen fisik Y-AMT memiliki berat 2,8 kg dan dapat dipasang pada Kendaraan Bermotor Roda Dua tanpa menambah lebar mesin. Kopling dan gearbox yang digunakan sama dengan versi transmisi guide biasa.




Yamaha Automated Handbook Transmission (Y-AMT). (Yamaha)

Sejauh ini Pernah ada beberapa produsen yang memperkenalkan sistem serupa tapi memilih pendekatan berbeda. Dua merek Eropa misalnya, memperkenalkannya pertama kali pada Kendaraan Bermotor Roda Dua petualangan BMW R 1300 GS dan GS Journey, serta prototipe buatan KTM yang diduga bakal dipakai di 1390 Tremendous Journey.

Yamaha mengambil pendekatan mirip Honda yang memperkenalkan teknologi ini pertama kali pada mannequin sport aspal. Honda memasang E-Clutch pada CBR650R dan CB650R.

Sedangkan Yamaha, Sesuai aturan ilustrasi setang dan sakelar yang ditunjukkan saat memperkenalkan Y-AMT mengindikasikan teknologi ini Akan segera dipasang pertama kali di MT-09.

Beda dari Yamaha, KTM dan Honda mempertahankan tuas kopling dan pemindah gigi kaki pada mannequin otomatis mereka. Yamaha mengikuti jejak BMW yang menghilangkan kontrol kopling atau pemindah gigi tradisional.

[Gambas:Youtube]

(bil/fea)


[Gambas:Video CNN]




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *