Pelni Duga Tiket Pesawat Mahal Dongkrak Penumpang Kapal Sejak 2022

Pelni Duga Tiket Pesawat Mahal Dongkrak Penumpang Kapal Sejak 2022


PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) menduga mahalnya harga tiket pesawat membuat jumlah penumpang kapal bengkak 150 persen dalam dua tahun terakhir.

Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan pihaknya Setiap Saat meminta dispensasi kapasitas kapal 150 persen per tahun kepada Kementerian Perhubungan. Ini membuat penumpang kapal Akhirnya membludak, meski tidak dalam peak season.

“Biasanya, kami mintakan dispensasi itu hanya pada peak season, pada saat lebaran, natal, dan tahun baru,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI Lembaga Legislatif RI di Jakarta Pusat, Selasa (2/7).


“Sekalipun, dua tahun terakhir Mungkin ya Mungkin dikarenakan berkurangnya frekuensi penerbangan di seluruh (atau) di beberapa daerah dan semakin signifikan perbedaan tarif dengan moda transportasi udara, sehingga jumlah penumpang (kapal Pelni) ini sangat meningkat,” duga Tri Andayani.

Wanita yang akrab disapa Anda itu menampilkan foto-foto kepadatan penumpang kapal Pelni. Pada dua tahun terakhir, terlihat banyak penumpang yang sampai Sangat dianjurkan berbaring di lantai Sebanyaknya ruangan kapal.

Meski begitu, Anda menjamin keselamatan kapal Pelni tetap diperhatikan.

“Sekalipun, 150 persen ini (peningkatan penumpang per tahun dalam dua tahun terakhir), Sekalipun demikian sampai tidur-tidur begini, alat keselamatan tetap kami jaga,” klaim Anda.

Anda merinci setiap satu kapal Pelni umumnya mampu mengangkut minimal 1.000 penumpang. Kapasitas complete penumpang yang bisa diangkut mencapai 3.500 orang.

Pelni Saat ini Bahkan Bahkan memiliki sekitar 26 kapal. Akan segera tetapi, ada sekitar 12 kapal yang umurnya Sebelumnya melewati umur teknis dan ekonomis 30 tahun.

Oleh karena itu, Anda mengajukan penyertaan modal negara (PMN) Rp500 miliar untuk membeli satu kapal baru. Ini Akan segera menggantikan Kapal Kendaraan Bermotor Roda Dua (KM) Umsini yang Sebelumnya berumur 39 tahun alias kapal tertua milik Pelni Saat ini Bahkan Bahkan.

“Rencananya, (PMN Rp500 miliar) Akan segera dimanfaatkan untuk pembelian satu unit kapal penumpang new constructing 2 in 1 dengan kapasitas 1.000 penumpang dan 75 Kontainer, untuk menggantikan Kapal Umsini,” jelasnya.

“Harga kapal penumpang yang diasumsikan sebesar Rp1,5 triliun per unit … Sedangkan kekurangannya sebesar Rp1 triliun Akan segera kami usulkan pada PMN tahun anggaran 2025,” tambah Anda.

Pelni menyebut belum ditentukan negara mana asal pembelian kapal baru tersebut. Anda cuma menegaskan Akan segera membuka bidding untuk semua perusahaan terkait, baik di dalam negeri dan luar negeri.

Anggota Komisi XI Lembaga Legislatif RI Fraksi Demokrat Vera Febyanthy mengatakan Pelni Sangat dianjurkan bisa bersaing, termasuk dengan moda transportasi udara. Ia meminta perusahaan pelat merah ini kudu membuat kapal seindah, senyaman, dan seaman Mungkin.

Pasalnya, Vera mengatakan kapal Saat ini Bahkan Bahkan seakan hanya menjadi pilihan tak terhindarkan bagi kelompok kelas menengah ke bawah.

“Pilihan bagi orang kelas menengah ke bawah, yang memang Sebelumnya enggak punya lagi alternatif pilihan mereka. Naik pesawat mahal, dengan kapal laut mereka bisa save kurang lebih Rp300 ribu daripada naik pesawat yang funds air,” kata Vera.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)





Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *