Kendaraan Bermotor Roda Dua Yamaha Bakal Pakai Transmisi Baru, Ganti Gigi Hanya Pakai Jari

Kendaraan Bermotor Roda Dua Yamaha Bakal Pakai Transmisi Baru, Ganti Gigi Hanya Pakai Jari


Yamaha memperkenalkan sistem transmisi otomatis terbaru mereka, yang disebut Yamaha Automated Guide Transmission (Y-AMT). Teknologi ini memungkinkan pengendara memindahkan gigi secara Praktis tanpa menggunakan tuas kopling handbook seperti pada Kendaraan Bermotor Roda Dua konvensional. Proses pergantian gigi di Y-AMT dilakukan hanya dengan menekan tombol.

Yamaha mengklaim proses mengganti gigi pada Y-AMT lebih Praktis dan presisi daripada quickshifter terbaru Pada Saat ini Bahkan.

Menurut penjelasan Yamaha, sistem Y-AMT Menyajikan dua mode operasional, Dikenal sebagai handbook (MT), di mana pengendara mengontrol perpindahan gigi menggunakan jari dan mode otomatis (AT) yang mencakup dua pilihan pengaturan.

Pengguna transmisi Y-AMT dapat menikmati perpindahan gigi yang Praktis dan presisi hanya dengan menggunakan ujung jari, tanpa memerlukan tuas kopling handbook.

Perpindahan gigi dioperasikan dengan jari telunjuk dan ibu jari melalui dua tuas: tuas “+” untuk menaikkan gigi dan tuas “-” untuk menurunkannya.

Yamaha Bahkan Menyajikan Ideas Praktis lainnya, di mana tuas “+” dapat ditarik untuk menaikkan gigi dan didorong untuk menurunkannya, hanya menggunakan jari telunjuk. Metode ini memungkinkan pengendara untuk tetap mempertahankan ibu jari pada setang, Menyajikan pegangan yang lebih kuat saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Pada mode otomatis (AT), pengendara dapat memilih antara dua program yang tersedia dan dapat diubah kapan saja melalui tombol MODE.

Program “D+ MODE” Menyajikan perpindahan gigi yang lebih Gaya Atletis, dengan perubahan gigi terjadi pada putaran mesin yang lebih tinggi untuk menjaga sensasi berkendara dinamis, sambil tetap mempertahankan keunggulan transmisi otomatis penuh.

Dilansir Bike.com, Y-AMT bukanlah upaya pertama Yamaha dalam mengembangkan sistem perpindahan gigi otomatis. Sebelumnya, Yamaha Pernah berlangsung memperkenalkan teknologi Yamaha Chip Managed Shift (YCC-S) pada mannequin FJR1300, yang menggunakan sistem hidrolik untuk mengoperasikan kopling.

Pada Y-AMT, Yamaha menggunakan dua aktuator elektrik: satu untuk mengontrol kopling dan satu lagi untuk mengubah posisi gigi. Yamaha menjelaskan bahwa komponen Y-AMT memiliki bobot 2,8 kg dan dapat dipasang tanpa menambah lebar mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua. Kopling dan gearbox yang digunakan dalam Y-AMT Merupakan komponen yang sama seperti pada transmisi handbook konvensional.




Transmisi baru Yamaha Automated Guide Transmission (Y-AMT) terdiri dari dua operasional yang bisa dipilih, Dikenal sebagai handbook (MT) dengan oper gigi dikendalikan jari dan otomatis (AT) yang terdiri dari dua mode. (Yamaha)

Beberapa produsen Pernah berlangsung memperkenalkan sistem serupa dengan pendekatan yang berbeda. Dua merek Eropa, misalnya, memperkenalkannya pertama kali pada Kendaraan Bermotor Roda Dua petualangan seperti BMW R 1300 GS dan GS Journey, serta prototipe yang dikembangkan KTM yang diperkirakan Berencana digunakan pada 1390 Tremendous Journey.

Yamaha mengambil pendekatan yang serupa dengan Honda, yang sebelumnya memperkenalkan teknologi ini pada mannequin sport aspal. Honda memasang E-Clutch pada CBR650R dan CB650R.

Sementara itu, Yamaha menunjukkan bahwa teknologi Y-AMT kemungkinan Berencana dipasang pertama kali pada MT-09, Merujuk pada ilustrasi setang dan sakelar yang mereka tunjukkan saat pengenalan.

Berbeda dengan Yamaha, KTM dan Honda tetap mempertahankan tuas kopling dan pemindah gigi kaki pada mannequin otomatis mereka. Yamaha mengikuti langkah BMW dengan menghilangkan kontrol kopling atau pemindah gigi tradisional.

(afr/fea)


[Gambas:Video CNN]




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *