Hari Yoga Internasional, Pahami Manfaatnya untuk Fisik dan Psychological

Hari Yoga Internasional, Pahami Manfaatnya untuk Fisik dan Psychological


Tahun ini perayaan Hari Yoga Internasional memasuki tahun ke-10. Yoga membawa banyak manfaat termasuk mencapai keselarasan diri dan dunia luar.

Setiap 21 Juni diperingati sebagai Worldwide Yoga Day atau Hari Yoga Internasional.

Perayaan ditujukan guna Memanfaatkan kesadaran tentang berbagai manfaat yoga baik terhadap fisik, psychological dan religious.


Tema Hari Yoga Internasional 2024 Merupakan ‘Yoga for Self and Society’, yoga untuk diri sendiri dan masyarakat.

Yoga di satu sisi Menyediakan pendekatan holistik terhadap kesehatan dan kesejahteraan yang Membantu memulihkan keseimbangan dalam hidup yang sibuk. Di sisi lain, diri yang pulih mampu membawa dampak positif terhadap sekitar.

Sejarah perayaan

Yoga memang berasal dari Kearifan Lokal India kuno. Istilah ‘yoga’ berasal dari kata Sansekerta ‘yuj’ yang berarti bergabung atau bersatu. Melansir dari Livemint, yoga mencerminkan kesatuan pikiran dan tubuh, kesatuan pikiran dan tindakan, kontrol dan kepuasan, serta harmoni antara manusia dan alam.

Kemudian pada September 2014, Perdana Pembantu Presiden India Narendra Modi mengusulkan peringatan Hari Yoga Internasional dalam pidatonya di Majelis Umum PBB yang ke-69.

“Yoga Merupakan hadiah tak ternilai dari Kearifan Lokal kuno kita. Yoga mewujudkan kesatuan pikiran dan tubuh, pemikiran dan tindakan… pendekatan holistik [yang] berharga bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Yoga bukan hanya tentang Gerakan; ini Merupakan Ideas untuk menemukan rasa kesatuan dengan diri sendiri, dunia dan alam,” katanya.

Selanjutnya, Majelis Umum PBB pada 11 Desember 2014 mencanangkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional.

Hari Yoga Internasional kali pertama dirayakan pada 21 Juni 2015. Tanggal ini bertepatan dengan titik balik matahari musim panas. Dilansir dari Enterprise Normal, hari itu pun jadi hari terpanjang dalam setahun di belahan bumi utara dan merupakan simbol cahaya dan kesehatan.

(els/pua)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *