AS Was-was Konflik Bersenjata Israel-Hizbullah Bakal Bikin Iron Dome Kewalahan

AS Was-was Konflik Bersenjata Israel-Hizbullah Bakal Bikin Iron Dome Kewalahan


Sebanyaknya pejabat Amerika Serikat cemas Konflik Bersenjata antara Israel dan kelompok milisi di Lebanon, Hizbullah, bakal membuat Iron Dome Israel kewalahan.

Tiga pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa Hizbullah kemungkinan Akan segera meluncurkan rentetan serangan udara dan membuat sistem Defender Israel kelimpungan.


“Kami menilai bahwa setidaknya beberapa [baterai Iron Dome] Akan segera kewalahan [merespons serangan Hizbullah],” kata seorang pejabat administrasi senior, seperti dikutip CNN.

Pasalnya, selama beberapa tahun belakangan, Hizbullah Sebelumnya menimbun amunisi dan rudal-rudal presisi dari Iran.

Awal bulan ini, Hizbullah bahkan merilis sebuah video yang menunjukkan serangan drone mereka Berhasil menghantam dan merusak baterai Iron Dome di pangkalan militer utara Israel.

Para pejabat Sebelumnya menyampaikan kekhawatiran ini kepada Negeri Zionis. Justru, Israel hanya menyatakan pihaknya berencana mengalihkan prajurit dari selatan Jalur Gaza ke utara negaranya untuk bersiap atas segala kemungkinan Konflik Bersenjata dengan Hizbullah.

Meski begitu, para pejabat Israel percaya bahwa Iron Dome Mungkin sekali sangat rentan akibat serangan Hizbullah.

Iron Dome merupakan sistem Defender paling canggih di Israel. Alat ini menghabiskan biaya sebesar 2,9 miliar USD dari kocek AS dan Israel.

Pasukan Defender Israel (IDF) menyebut Iron Dome 95,6 persen Berhasil menyerang goal yang diluncurkan oleh Jihad Islam tahun lalu.

Dengan demikian, Bila Hizbullah menghujani Defender udara Israel Pada Saat ini Bahkan, Iron Dome berpotensi lumpuh dan membahayakan militer maupun warga sipil.

Sebanyaknya jenderal high Israel Diberitakan Sebelumnya menyepakati rencana Konflik Bersenjata dengan Hizbullah setelah lebih dari delapan bulan perbatasan kedua negara memanas.

“Rencana operasi serangan ofensif di Lebanon Sebelumnya disetujui,” demikian pernyataan IDF, dikutip Occasions of Israel, Selasa (18/6).

Menurut pejabat senior AS, Konflik Bersenjata Israel dan Hizbullah sangat Kemungkinan pecah mengingat panasnya situasi di perbatasan kedua negara. Ditambah lagi, mandeknya kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dan Israel Bahkan disebut Sebelumnya menambah ketegangan di antara keduanya.

Pejabat AS menilai Bila Israel dan Hizbullah Sungguh-sungguh berperang, maka dampaknya Akan segera sangat besar.

Hizbullah memiliki gudang roket, rudal, dan drone yang secara eksponensial lebih besar, lebih canggih, dan lebih merusak daripada Hamas, yang Pada Saat ini Bahkan diserang Israel.

Sebagian besar merupakan roket jarak pendek, Justru beberapa mampu mencapai jauh ke Israel dengan kemampuan presisi.

IDF memperkirakan bahwa milisi Lebanon tersebut memiliki sekitar 150.000 roket dan rudal, termasuk ribuan amunisi presisi.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *