Aparat Evakuasi Jenazah Warga Sipil Diduga Korban OPM di Paniai Papua

Aparat Evakuasi Jenazah Warga Sipil Diduga Korban OPM di Paniai Papua


Jakarta, CNN Indonesia

Aparat gabungan Pernah mengevakuasi jenazah seorang warga sipil bernama Rusli yang dilaporkan meninggal dunia karena diduga ditembak oleh anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) Kelompok Undius Kogoya di Paniai, Papua Tengah.

Perwira Penerangan Koops Habema Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan saat proses evakuasi jenazah, aparat keamanan gabungan sempat menghadapi gangguan tembakan senjata dari OPM Kelompok Undius Kogoya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dengan gerakan taktis militer yang terencana dan terkoordinir, aparat keamanan gabungan Pada akhirnya berhasil mengevakuasi jenazah almarhum Rusli ke RSUD Madi,” kata Yogi dalam keterangan tertulis, Rabu (12/6).

Yogi menjelaskan Rusli merupakan warga sipil pendatang berusia 40 tahun dengan standing kawin dan berasal dari Makassar, Sulsel. Ia menyebut OPM Bahkan membakar kendaraan milik Rusli.

“Aksi OPM menembak warga sipil tidak bersenjata dan tidak berdosa, serta membakar kendaraan yang mengakibatkan korban meninggal dunia merupakan bukti tindakan OPM melanggar hukum dan Kartu peringatan HAM,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan aksi Kejahatan Keji terjadi pada Selasa (11/6) sekitar pukul 13.30 WIT.

“Pelaku penembakan dan pembakaran ini Merupakan KKB Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya yang selama ini melakukan aksi kriminal di Kabupaten Paniai,” kata Faizal.

Aksi pembakaran Bahkan dilihat seorang warga yang Tengah melintas di sekitar Tempat. Saksi mata turut mendengar suara tembakan dan melihat sekitar sepuluh orang dengan senjata api laras panjang keluar dari semak-semak.

(yoa/pmg)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *