Goal Akhir 2024, Aplikasi Cantas Bayar Tol Nirsentuh Belum Tersedia

Goal Akhir 2024, Aplikasi Cantas Bayar Tol Nirsentuh Belum Tersedia


Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR menyebut aplikasi Cantas untuk sistem transaksi pembayaran tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Circulation (MLFF) masih dalam pengembangan. Pada Saat ini Bahkan aplikasi itu belum bisa diunduh publik untuk dipasang di ponsel pengguna.

Hedy Rahadian menyebut Cantas masih Harus dilakukan uji coba dan belum selesai prosesnya.

“Aplikasinya Kenyataannya Pernah ada namanya Cantas, cuma nanti kita Harus sesuaikan dengan pengembangan. Belum masuk Apps retailer atau Playstore karena kita Akan segera uji coba dulu. Ini kan belum selesai uji cobanya,” kata Ia di Jakarta, Selasa (28/5).

Ia menargetkan Cantas Akan segera rampung pada tahun ini dan bakal diterapkan secara bertahan mulai akhir 2024.

MLFF segera diaplikasikan pada kendaraan roda empat atau lebih di setiap pintu gerbang tol. Teknologi ini membuat pengguna tak Harus repot membayar tol memakai uang elektronik lantaran Pernah berbasis aplikasi.

Pengemudi yang menggunakan Cantas Bahkan tak Harus menghentikan laju kendaraan saat hendak masuk ke gerbang tol. Palang pintu Akan segera secara otomatis terbuka saat pendeteksi membaca sinyal dari ponsel.

MLFF menggunakan teknologi World Navigation Satellite tv for pc System (GNSS) yang memantau pergerakan pengguna jalan tol dengan teknologi GPS pada ponsel pintar.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini Dianjurkan mengunduh dan mendaftar di Cantas saat Pernah diterapkan.

Meskipun demikian Pada Saat ini Bahkan penerapan MLFF belum bisa dilakukan lantaran berbagai faktor. Hedy menyebut pemerintah Akan segera menerapkan Single Lane Free Circulation (SLFF) Di masa lampau.

Artinya, setiap Kendaraan Pribadi yang melintas di gerbang tol masih ditutup palang. Seandainya pembayaran Pernah terdeteksi, maka palang pintu otomatis Akan segera terbuka.

Sedangkan MLFF Akan segera menghilangkan palang di gardu tol karena kendaraan yang melintas Akan segera dideteksi sensor. Terlebih lagi, gerbang tol Bahkan bisa dihilangkan dengan penerapan sistem ini.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *