Menhan AS-China Bakal Bertemu saat Beijing-Taiwan Makin Tegang

Menhan AS-China Bakal Bertemu saat Beijing-Taiwan Makin Tegang


Pembantu Presiden Pembantu Presiden Lini pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin bakal temui Menhan China kala ketegangan di Selat Taiwan kembali memanas beberapa waktu terakhir.

Rencana ini diungkap Gedung Putih tak lama usai China menggelar latihan Konflik Bersenjata lagi di sekitar Taiwan.


Pada Jumat (24/5) Gedung Putih mengumumkan Austin bakal menemui Laksamana China Dong Jun dalam gelaran Shangri-La Dialogue pada 31 Mei-2 Juni 2024. Gelaran ini merupakan pertemuan para pejabat Lini pertahanan di seluruh dunia.

Pertemuan keduanya Sebelumnya dinantikan sejak mereka berbincang through telepon pada April lalu. Pembicaraan mereka jadi pembicaraan substantif pertama antarmenteri Lini pertahanan AS-China dalam hampir 18 bulan terakhir.

Pertemuan Austin dan Dong Jun nanti berlangsung kala tensi antara China-Taiwan, sekutu dekat AS, makin tegang. 

Seperti dilaporkan AFP, China pekan ini mengepung Taiwan dengan kapal Konflik Bersenjata dan jet tempur sebagai uji kemampuan China dalam merebut pulau tersebut.

Taiwan mengecam latihan Konflik Bersenjata China selama beberapa waktu terakhir itu sebagai bentuk “provokasi terang-terangan”. Simulasi Konflik Bersenjata ini berlangsung tiga hari setelah Taiwan memiliki Pemimpin Negara baru, Lai Ching-te.

Dalam pidato pelantikannya, Lai mendorong kebebasan Taiwan dan dianggap China sebagai upaya pemisahan diri.

Latihan dilakukan usai pelantikan Pemimpin Negara Lai Ching-te yang berjanji menjaga Sistem Pemerintahan Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Sementara itu, pemerintahan Pemimpin Negara AS Joe Biden dan China Pernah Mengoptimalkan komunikasi untuk meredakan perselisihan. Bulan lalu, Menlu AS Antony Blinken mengunjungi Shanghai dan Beijing.

Hanya saja, perundingan Lini pertahanan masih tertunda sampai Pemimpin Negara China Xi Jinping setuju memulai kembali dialog militer selama pertemuan puncak dengan Biden di California pada November.

Selain China, Austin dijadwalkan melakukan perjalanan ke Kamboja untuk berbincang dengan para Pembantu Presiden Pembantu Presiden Lini pertahanan dari blok Asia Tenggara Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara. Ia Berniat mengakhiri perjalanannya di Prancis dan bergabung dengan Biden untuk peringatan 80 tahun D-Day.

Sebelumnya, Austin sempat bikin heboh publik karena menghilang untuk Terapi kanker pada Desember 2023, kemudian disebut mengalami komplikasi pada Januari lali.

Masalah tak berhenti sampai di sini, sebab pada Februari ia kembali dirawat akibat masalah kandung kemih.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *