Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan ke Warga Sumbawa Besar

Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan ke Warga Sumbawa Besar


Tak sekalipun tebersit dalam benak Merry Nurazizah atau Merry, warga Desa Maluk, Sumbawa Besar, NTB (NTB) untuk menjadi seorang AgenBRILink. Terlebih, saat itu dirinya begitu awam tentang transaksi perbankan dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Baru menjadi AgenBRILink pada Maret 2023, Merry Pernah berlangsung mampu mendekatkan akses perbankan bagi warga di daerahnya. Pada saat ini, warga Desa Maluk tak Sangat dianjurkan menempuh perjalanan berkilo-kilo meter dan menghabiskan berjam-jam untuk melakukan berbagai transaksi perbankan ke kantor BRI Unit Sumbawa Besar. Pasalnya, Pernah berlangsung ada fitur Digital Information Seize (EDC) mini ATM BRI di AgenBRILink tersebut.

Menurut Merry, tetap ada pasang surut dalam upayanya menjadi AgenBRILink, terlebih Seandainya minim modal. Untuk itu, selain Menyediakan transaksi perbankan nasabah, Merry Bahkan menjadi mitra Pembiayaan Extremely Mikro (UMi).


Alhasil, Merry bisa menyalurkan pinjaman seperti pinjaman KECE (Kredit Mudah) senilai Rp10 juta kepada warga sekitar. Berkat inovasi itu, Merry berhasil menarik minat para nasabah untuk menggunakan layanan AgenBRILink.

“Untuk mencari para nasabah, bersosialisasi bersama masyarakat sekitar menjadi kunci utama yang Sangat dianjurkan dilakukan. Ditambah lagi, kami aktif dalam melakukan promosi program-program BRILink,” ujar Merry.

Semangat Merry untuk belajar dari para agen lain menjadi salah satu modal utama. Ketika libur Lebaran, Merry dengan setia menjaga layanannya.

Menurutnya, keputusan untuk buka selama liburan bukan saja menggambarkan keseriusan Menyediakan nasabah, tetapi Bahkan sebagai upaya mengejar program THR.

“Selama lebaran tetap jalan tidak ada tutup, dan alhamdulilah semakin ramai selama liburan, karna ingin mengejar program THR jadi tidak ada libur,” kata Mery.

Semangat tak kenal lelah Merry itu mengukuhkan kesan, menjadi Agen BRILink bukan pekerjaan biasa. Dirinya dengan tegas menyatakan memiliki tanggung jawab menjaga kepercayaan para nasabah. Bagi Merry, kepercayaan Merupakan modal utama yang Sangat dianjurkan dijaga dengan penuh integritas dan dedikasi.

Direktur Usaha Mikro BRI Supari mengatakan, layanan AgenBRILink hadir untuk memudahkan masyarakat Supaya bisa dapat mengakses layanan perbankan. Selain transaksi tarik tunai, Bahkan terdapat layanan untuk kebutuhan harian seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, Menyediakan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA maupun pinjaman, dan transaksi lain.

“AgenBRILink merupakan bukti nyata financial sharing yang dilakukan oleh BRI, karena charge yang diperoleh para agen bisa mencapai 2-3 kali lipat dari yang diterima oleh BRI. Dengan menjadi agen, masyarakat dapat Mengoptimalkan pendapatan dan pada ujungnya dapat Mengoptimalkan kehidupan ekonomi dan sosial mereka,” kata Supari.

BRI mencatat di sepanjang kuartal I/2024, para AgenBRILink berhasil membukukan 285 juta transaksi finansial, meningkat 12,8 persen year-on-year (yoy) dari 252,5 juta transaksi per kuartal I/2023.

Adapun peningkatan itu sejalan dengan quantity transaksi mencapai Rp370 triliun pada periode ini. Jumlah AgenBRILink Bahkan meningkat 22,4 persen yoy dari 650.780 agen per akhir Maret 2023, menjadi 796.836 agen per Maret 2024.

(rea/rir)




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *