Prosesi Pemakaman Pemimpin Negara Iran Ebrahim Raisi Dimulai Hari Ini

Prosesi Pemakaman Pemimpin Negara Iran Ebrahim Raisi Dimulai Hari Ini


Upacara pemakaman Pemimpin Negara Iran Ebrahim Raisi dimulai pada hari ini, Selasa (21/5).

Kepala komite perencanaan pemakaman sekaligus wakil Pemimpin Negara urusan eksekutif Iran, Mohsen Mansouri, mengatakan upacara Nanti akan dimulai dengan doa bersama serta sebuah prosesi yang dilakukan di Kota Tabriz.


Sesudahnya, prosesi dilanjutkan dengan pemindahan seluruh jenazah ke kota suci Syiah Qom. Dari sana, jenazah Nanti akan dipindahkan lagi ke ibu kota Teheran.

Dilansir dari CNN, upacara besar rencananya digelar di Masjid Agung Mosallah pada Rabu (22/5). Pada hari itu, seluruh rakyat Iran Nanti akan mendapat hari libur guna mengikuti prosesi.

Menurut Mehr Information, jenazah Raisi nantinya Nanti akan dipindahkan ke tempat suci Imam Reza di Masyhad. Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, disebut Nanti akan melakukan doa di sana.

Raisi tewas usai helikopter yang ia naiki jatuh dan terbakar di Provinsi Azerbaijan Timur pada Minggu siang sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

Pihak berwenang Iran bergegas melakukan pencarian usai kehilangan kontak dengan helikopter rombongan Raisi. Sekalipun demikian, operasi itu disebut sulit karena cuaca buruk.

Usai 13 jam pencarian, Skuad berhasil menemukan puing-puing helikopter. Pada Senin (20/5), Iran mengonfirmasi bahwa seluruh penumpang meninggal.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Khamenei pun mendeklarasikan hari berkabung nasional selama lima hari.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *