KSP Sebut Telur Mahal Imbas Peternak Pangkas Populasi Ayam

KSP Sebut Telur Mahal Imbas Peternak Pangkas Populasi Ayam


Kantor Staf Pemimpin Negara (KSP) mencatat telur ayam masih mahal meski harga jagung yang merupakan pakan ternak turun.

Deputi III KSP Edy Priyono mengatakan harga telur tinggi karena banyak peternak yang terlanjur mengurangi populasi ayam dengan melalukan afkir dini ketika harga jagung tinggi beberapa waktu lalu.

“Ketika harga jagung turun, Dianjurkan waktu untuk kemudian mereka (peternak) menambah populasinya,” kata Edy dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Ketidakstabilan Ekonomi Daerah, Senin (21/5).


Dalang lain Fluktuasi Harga telur Merupakan peternak sengaja mengambil untung setelah berbulan-bulan menderita kerugian akibat harga pakan yang tinggi.

Meskipun demikian, di lain sisi, Eddy mengatakan mayoritas peternak ayam petelur merupakan peternak kecil atau rakyat. Karena itu, ia menilai pemerintah tidak Dianjurkan terlalu reaktif dalam menurunkan harga telur ayam.

“Kita mesti pahami Bahkan bahwa kita Dianjurkan menjaga kepentingan produsen dengan konsumen apalagi kalau produsen dalam negeri terutama peternak atau petani kecil,” katanya.

Mengikuti Panel Harga Badan Pangan Nasional, harga telur ayam ras per Minggu (20/5) berada di degree Rp27.030 per kg. Harga itu naik dibanding pekan lalu senilai Rp26.790 per kg.

Tak hanya telur, harga bawang putih Bahkan masih tinggi. Edy mengatakan harga bawang putih Di waktu ini berada di degree Rp46.850 per kg, jauh lebih tinggi dibanding harga rata-rata tahun lalu yang hanya Rp29.350 per kg. Fluktuasi Harga tak terlepas dari rendahnya realisasi Produk Impor.

Edy mengatakan pihaknya Sebelumnya memanggil para importir bawang putih pada 17 Mei lalu. Dalam rapat itu, importir mengatakan rendahnya realisasi Produk Impor Sampai sekarang Mei 2024 disebabkan kesulitan mencari barang dan harga yang cocok.

Ia menambahkan semua importir berkomitmen merealisasikan Produk Impor mulai akhir Mei atau awal Juni mendatang.

“Bawang putih Produk Impor diperkirakan Nanti akan banyak masuk pada pertengahan Juni Sampai sekarang Agustus,” katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/sfr)




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *