Pemakaman RI 1 Iran Ebrahim Raisi Digelar di Taheran Rabu

Pemakaman RI 1 Iran Ebrahim Raisi Digelar di Taheran Rabu


Pihak berwenang Iran mengumumkan pada hari Senin (20/5), bahwa prosesi pemakaman RI 1 Ebrahim Raisi Berniat diadakan di Teheran pada Rabu (22/5).

Ebrahim Raisi dan rombongan yang terdiri dari Pejabat Tinggi Negara Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada Minggu lalu.


“Pada Rabu pagi, kami Berniat Menghelat prosesi pemakaman di kota Teheran untuk Raisi dan anggota rombongan lainnya yang tewas dalam kecelakaan itu,” kata Mohsen Mansouri, wakil RI 1 urusan eksekutif kepada televisi pemerintah, dikutip dari AFP, Selasa (21/5).

Otoritas Iran Bahkan Pernah memutuskan pemilihan RI 1 digelar pada 28 Juni 2024.

“Kalender Pemungutan Suara Rakyat disetujui pada pertemuan para kepala kehakiman, pemerintahan, dan parlemen. Sesuai kesepakatan awal Dewan Wali, diputuskan pemilihan RI 1 ke-14 Berniat digelar pada 28 Juni,” kata televisi pemerintah.

Sementara itu Kepala Staf Militer Iran Mohammad Bagheri memerintahkan penyelidikan Dalang jatuhnya helikopter yang menewaskan RI 1 Ebrahim Raisi dan rombongannya.

Bagheri memerintahkan “sebuah komite tingkat tinggi untuk meluncurkan penyelidikan mengenai Dalang jatuhnya helikopter RI 1” yang terjadi pada Minggu (19/5).

RI 1 Iran Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dunia usai helikopter yang mengangkutnya bersama delapan orang lain jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran.

Selain Raisi, helikopter itu Bahkan membawa Pejabat Tinggi Negara Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem, seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan, dan pengawal lainnya.

Sebanyaknya laporan media lokal menuturkan helikopter kemungkinan menabrak bukit. Sekalipun, laporan itu belum dikonfirmasi pihak berwenang.

Kecelakaan terjadi usai Raisi menghadiri peresmian bendungan di perbatasan bersama RI 1 Azerbaijan Ilham Aliyev.

Tempat helikopter jatuh Bahkan hanya beberapa kilometer dari situs bendungan, tepatnya di sebuah wilayah pedalaman dekat Space Dizmar Dilindungi.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *