5 Manfaat Minum Air Kelapa Setiap Hari, Ini yang Nanti akan Terjadi Pada Tubuh

5 Manfaat Minum Air Kelapa Setiap Hari, Ini yang Nanti akan Terjadi Pada Tubuh


Jakarta

Air kelapa Pernah dikonsumsi selama berabad-abad di berbagai daerah tropis tempat kelapa tumbuh subur, salah satunya di Indonesia. Air kelapa Menyajikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh seperti mengandung elektrolit dan dapat Membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Hal ini yang membuat air kelapa menjadi salah satu minuman yang populer di masyarakat bagi mereka yang ingin terhidrasi dan bernutrisi secara alami. Lantas, apa saja khasiat lain yang didapatkan dari mengonsumsi air kelapa setiap hari? Dikutip dari EatingWell, berikut Merupakan beberapa manfaatnya.

  • Mengisi Elektrolit dalam Tubuh

Air kelapa mengandung banyak elektrolit, termasuk kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Mineral tersebut dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot.


Air kelapa yang tinggi elektrolit cocok dijadikan pilihan minuman untuk rehidrasi, khususnya setelah kehilangan cairan dan elektrolit akibat penyakit seperti muntah, diare atau bahkan berkeringat setelah berolahraga, menurut Hannah Van Ark, MS, RD, pendiri Plant Ahead Nutrisionist.

Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa dapat Menyajikan dampak positif bagi tekanan darah dalam tubuh. Kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah yang optimum dengan Suggestions merelaksasikan dinding pembuluh darah Serta menangkal efek natrium dalam tubuh.

Pada saat natrium tinggi, tubuh Nanti akan menahan lebih banyak air, yang Pada akhirnya Mengoptimalkan quantity darah Serta Mengoptimalkan tekanan darah. Kalium dapat berperan dengan Suggestions mendorong ginjal untuk mengeluarkan natrium berlebih dalam tubuh, mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

Tidak hanya vitamin D dan kalsium yang dikenal untuk Membantu kesehatan tulang, nyatanya beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan dan minuman kaya kalium seperti air kelapa Bahkan dapat Membantu Mengoptimalkan kekuatan dan kepadatan tulang dalam tubuh.

Mineral ini Bisa jadi Bahkan bermanfaat untuk mencegah kondisi osteoporosis.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi air kelapa dapat menjaga kesehatan organ usus. Hal ini disebabkan oleh sifat air kelapa yang menghidrasi. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mengandung sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang bermanfaat bagi mikrobioma.

“Hidrasi sangat penting untuk fungsi pencernaan yang tepat, terutama dalam penyerapan nutrisi dan untuk mencegah sembelit,” kata Van Ark.

Pada saat tubuh Berlebihan terpapar radikal bebas, maka dapat menyebabkan stres oksidatif yang memicu kerusakan sel dan timbulnya penyakit kronis. Sekalipun, untungnya mengonsumsi air kelapa dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas.

“Antioksidan seperti vitamin C, sitokinin, dan senyawa fenolik yang terdapat di dalam air kelapa dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh,” kata Van Ark.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *