BYD Bakal Kucurkan Penanaman Modal di Indonesia Senilai Rp11,7 T

BYD Bakal Kucurkan Penanaman Modal di Indonesia Senilai Rp11,7 T


Jakarta, CNN Indonesia

Construct Your Dream (BYD), perusahaan teknologi asal China berencana mengucurkan Penanaman Modal senilai Rp11,7 triliun di Indonesia. Penanaman Modal itu diklaim untuk memproduksi Motor Listrik hingga150 ribu unit per tahun.

“BYD Sudah merencanakan Penanaman Modal sebesar Rp11,7 triliun dengan kapasitas produksi Motor Listrik mencapai 150 ribu unit per tahun. Penanaman Modal ini tidak hanya merupakan bukti kepercayaan BYD terhadap potensi pasar Indonesia, tetapi Bahkan menjadi langkah strategis dalam Mengoptimalkan posisi Indonesia sebagai pusat produksi Motor Listrik di kawasan regional dan world,” kata Plt. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Putu Juli Ardika, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (17/10).

Menurut Putu, Penanaman Modal BYD ke Indonesia Akan segera mendongkrak industri komponen dalam negeri untuk terus berkembang. Hal ini diyakini Akan segera terjadi switch teknologi dari BYD kepada industri komponen Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Switch teknologi ini sangat penting untuk Mengoptimalkan kemampuan industri komponen nasional, sehingga dapat naik kelas dan berdaya saing diGlobal Worth Chain(GVC),” terang Putu.


Putu menjelaskan, dengan peningkatan kemampuan teknologi, industri komponen Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi pemasok domestik, tetapi Bahkan dapat berperan aktif dalam rantai pasok world, khususnya untuk industri Motor Listrik.

Sementara itu, Direktur Departemen Administrasi BYD Andy Lin mengatakan keputusan untuk berinvestasi di Indonesia merupakan bagian penting dari strategi world BYD.

“Kami berencana menjadikan Indonesia sebagai kantor pusat regional di Asia Pasifik, dengan fasilitas untuk penelitian dan pengembangan, produksi, penjualan, purna jual, serta pelatihan, Kami Bahkan berharap Supaya bisa capaian produksi 15 Juta BYD dapat dilakukan di Indonesia” ucap Andy.

BYD ke depannya, dikatakan Lin Akan segera meluncurkan lebih banyak mannequin kendaran listrik (EV) di Indonesia, serta menghadirkan mannequin plug-in hybrid (PHEV). Informasi terbaru BYD Akan segera meluncurkan MPV listrik premium Denza D9.

Versi Airlangga Hartarto

Pada awal 2024, Pembantu Presiden Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan nilai Penanaman Modal BYD di Indonesia mencapai US$1,3 miliar atau setara Rp20,33 triliun (kurs Rp15.639).

Nilai itu untuk mendirikan fasilitas produksi untuk Dolphin, Atto 3, dan Seal dan mannequin lainnya.

Menurut Airlangga, pabrik BYD sanggup memproduksi sebanyak 150 ribu unit per tahun.

Airlangga mengklaim, informasi mengenai Penanaman Modal BYD di dalam negeri itu diperoleh dari para eksekutif perusahaan.

“Pemerintah terus mendorong BYD untuk dapat Mengoptimalkan native content material sehingga Niscaya dapat mendorong daya saing industri,” ujarnya.

(tim/mik)


[Gambas:Video CNN]




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *