Daftar 3 Situs Penging Iran yang Jadi Incaran Serangan Balasan Israel

Daftar 3 Situs Penging Iran yang Jadi Incaran Serangan Balasan Israel

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Israel disebut Baru saja menyiapkan skenario untuk membalas serangan usai Iran meluncurkan ratusan rudal ke negara itu pada Selasa (2/10) malam waktu setempat.

Perdana Pembantu Presiden Israel Benjamin Netanyahu marah besar dengan mengatakan Iran “Sudah melakukan kesalahan” besar dengan serangan ratusan rudal tersebut dan bertekad Teheran Berniat “membayar mahal” konsekuensinya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Amerika Serikat, sekutu terdekat Israel, menyatakan dukungan terhadap Tel Aviv untuk merespons serangan rudal Iran. Washington bahkan berjanji bakal Membantu Israel merespons serangan Iran.

Sejauh ini, pejabat AS menuturkan Israel belum memutuskan serangan balasan seperti apa dan kapan Berniat melakukannya. Berbeda dengan, Sebanyaknya pejabat Washington dan Tel Aviv menuturkan bahwa situs-situs krusial Iran tak Berniat luput dari serangan balasan ini.


Israel Bahkan menyatakan banyak opsi tersedia untuk membalas serangan Iran.

Berikut sederet situs penting yang Harus diwaspadai Iran karena berpotensi menjadi goal Israel:

1. Situs nuklir

Al Jazeera melaporkan Israel diduga Berniat menyerang fasilitas nuklir Iran dengan bantuan sekutu dekatnya, Amerika Serikat.

Sebanyaknya pejabat Israel kepada Axios Bahkan menuturkan Tel Aviv tidak mengesampingkan opsi situs nuklir Iran sebagai goal serangan balasan.

Iran memiliki dua situs nuklir Utama yang Memperjelas uranium Sampai saat ini 60 persen yaitu Natanz dan Bordow.

Kedua fasilitas nuklir itu berada di bawah tanah sedalam 20 meter disertai bebatuan, dan beton. Tempat yang sulit dijangkau.

Satu-satunya senjata konvensional yang secara masuk akal bisa mencapai hal ini Merupakan penetrator persenjataan besar GBU-57A/B milik AS.

“Dengan berat lebih dari 12 ton dan Panjang 6 meter, hanya bisa dibawa pesawat pengebom besar AS seperti B-2 Spirit,” demikian makalah yang ditulis Darya Dolzhikova dan Matthew Savill, dikutip The Bulletin.

2. Infrastruktur militer

Respons paling langsung bagi Israel Merupakan mencoba menyerang gugusan pangkalan rudal dan pesawat nirawak Iran.

Pangkalan itu terletak di bawah tanah dan dalam beberapa kasus “jauh di bawah pegunungan.”

NBC Information Bahkan melaporkan Israel bisa menyerang pusat komando dan pengendalian, serta pusat komando pengawasan senjata rudal balistik.

Ditambah lagi dengan, Israel bisa menyerang pusat intelijen Iran yang biasanya berada di pangkalan militer.

Israel Bahkan bisa menargetkan pangkalan Lini belakang udara di Teheran, Isfahan, dan pelabuhan di Teluk Persia.

3. Kilang minyak

Serangan terhadap infrastruktur minyak Iran disebut-sebut sebagai respons yang Bisa jadi menjadi goal balasan.

Israel bisa menyerang kilang minyak yang Menyediakan pasar domestik Iran seperti Pabrik Bintang Teluk Persia di Bandar Abbas.

Kilang itu merupakan sumber minyak domestik terpenting bagi Iran yang memenuhi 40 persen kebutuhan dalam negeri.

Sebanyaknya pihak menduga Israel Berniat menargetkan Goal terminal minyak Kharg. Minyak dari situs ini 90 persen ditujukan ke China.

Ilmuwan Timur Tengah dari Institut Internasional untuk Studi Strategis Fabian Hinz mengatakan industri minyak Iran cukup rentan.

Menyerang goal ekonomi, kata Ia, bisa berdampak panjang bagi Iran.

“Ekonomi Iran Baru saja terpuruk dan rezim Setiap Saat menginginkan keringanan Pembatasan,” katan Hinz, dikutip The Guardian.

(isa/rds)




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *