Rusia Tanpa Ampun Gempur Ukraina Pakai 200 Rudal-Drone Shahed

Rusia Tanpa Ampun Gempur Ukraina Pakai 200 Rudal-Drone Shahed


Jakarta, CNN Indonesia

Rusia melancarkan serangan rudal dan pesawat nirawak secara besar-besaran ke infrastruktur energi di seluruh wilayah Ukraina pada Senin (26/8) waktu setempat.

Serangan itu menyebabkan empat orang tewas dan pemadaman listrik di beberapa kota di Ukraina.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepala Negara Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan Rusia menggunakan lebih dari 100 rudal berbagai jenis dan sekitar 100 pesawat nirawak atau drone Shahed.

Zelensky mengatakan ini sebagai salah satu serangan terbesar, dalam lebih dari 2,5 tahun invasi Rusia.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan Sebelumnya mendeteksi puluhan rudal dan drone yang menargetkan wilayah timur garis depan Kharkiv dan Dnipro, Sampai saat ini kota pelabuhan selatan Odesa, serta ibu kota Kyiv.

“Teroris Rusia sekali lagi menargetkan infrastruktut energi,” kata Perdana Pembantu Presiden Ukraina, Denys Shmyhal. Ia menyebut setidaknya 15 wilayah menjadi sasaran tembakan drone, rudal jelajah, sampai rudal hipersonik Kinzhal.

Akibat serangan ini, korban tewas berjatuhan tepatnya di wilayah Dnipropetrovsk, Zaporizhzhia, Volyn, dan Zhytomyr. Setidaknya lima orang luka di wilayah Poltava bagian tengah.

Perusahaan energi nasional Ukraina, Ukrenergo, terpaksa melakukan pemadaman listrik darurat untuk menstabilkan sistem. Pemadaman listrik tercatat di beberapa kota termasuk Kyiv dan Dnipro.

Militer Ukraina sendiri mengaku Sebelumnya bersiap menghadapi serangan besar-besaran ini, sebagai respons atas invasi balik Kyiv ke wilayah perbatasan Kursk.

Kepala Negara Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Minggu mengatakan pasukannya Sebelumnya maju Sampai saat ini 3 kilometer di Kursk dan menguasai dua permukiman lagi di wilayah perbatasan tersebut.

(dna/dna)




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *