Masih Bisa Dinikmati Malam Ini, Kenapa Supermoon Blue Moon Langka?

Masih Bisa Dinikmati Malam Ini, Kenapa Supermoon Blue Moon Langka?


Jakarta, CNN Indonesia

Sturgeon Moon, bulan purnama terbesar (supermoon) dan paling terang pada 2024, yang menjadi ‘bulan purnama biru‘ Sudah mencapai fase puncaknya pada Selasa dini hari (20/8), tepatnya pukul 01.52 WIB.

Justru demikian, bagi yang ketinggalan Development Populer langka ini ternyata masih dapat menyaksikan bulan biru hari ini. Sturgeon Moon bakal terbit petang ini, mulai pukul 18.36 WIB, dan baru Berencana terbenam Rabu pagi (21/8) pukul 07.07 WIB.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nama Sturgeon Moon khusus diberikan buat purnama pada Agustus. Julukan ini berasal dari ikan sturgeon raksasa yang melimpahdi Nice Lake dan Lake Champlain, Amerika Serikat.

Bagi dua suku pribumi Amerika, Anishinaable dan Ojibwe, Development Populer alam terkait itu Merupakan saat kritis sehingga hanya ikan sturgeon yang jadi sumber makanan dan kebutuhan lainnya.

Purnama ini menyandang standing blue moon atau bulan biru. Kendati begitu, nama ini bukan berarti purnamanya bakal memancarkan warna biru, tapi lebih kepada istilah untuk jenis purnama yang terjadi.

Istilah blue moon Kenyataannya memiliki dua arti. Pertama, blue moon musiman yang merupakan definisi tradisional dari blue moon dan mengacu pada bulan purnama ketiga dalam satu musim yang memiliki empat bulan purnama.

Definisi kedua blue moon muncul dari kesalahpahaman terhadap definisi yang asli. Definisi kedua ini Merupakan blue moon bulanan, yang mengacu pada bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender.

Mengutip Area, Pada saat ini Bahkan, blue moon bulanan ini diterima sebagai definisi alternatif dan bukan sebuah kesalahan.

Supermoon lebih umum dan secara sederhana mengacu pada bulan purnama yang terjadi ketika bulan berada dalam jarak 90 persen dari jarak terdekatnya dengan. Tahun ini ada empat supermoon berturut-turut tahun ini, Dikenal sebagai 19 Agustus, 17 September, 17 Oktober, dan 15 November.

Jadi, blue moon berikutnya menurut definisi bulan biru bulanan Berencana terjadi pada 31 Januari 2037.

Justru, purnama bulan berikutnya menurut definisi bulan biru musiman terjadi kemarin dan hari ini. Seiring berjalannya waktu, tidak Berencana ada lagi Supermoon Blue Moon, menurut definisi musiman, sampai 20 Agustus 2032.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *