Pelindo Klaim IKN Kerek Arus Peti Kemas Pelabuhan Balikpapan 10 Persen

Pelindo Klaim IKN Kerek Arus Peti Kemas Pelabuhan Balikpapan 10 Persen


Makassar, CNN Indonesia

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 mengklaim kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) Menyediakan dampak positif bagi arus peti kemas di Pelabuhan Samarinda dan Balikpapan. Tercatat, arus peti kemas di kedua pelabuhan tersebut meningkat 10 persen.

“Bagi pelabuhan peti kemas mengalami pertumbuhan di atas 10 persen, baik yang di Samarinda maupun di Balikpapan,” ujar Govt Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis di kantornya, Rabu (31/7).

Selain pelabuhan peti kemas, kata Azis pelabuhan konvensional Bahkan mengalami peningkatan arus yang sama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kemudian di konversionalnya sama, karena ada barang-barang tidak semua peti kemas, seperti barang proyek, kemudian barang-barang konsumsi, termasuk kegiatan roro Bahkan meningkat secara drastis Bahkan,” tuturnya.

Di samping itu, kata Azis, aktivitas kargo yang berada di pelabuhan kawasan Indonesia Timur Bahkan tercatat meningkat n ke Kalimantan, seperti di Pelabuhan Parepare.

“Jadi semua kena dampak positif dengan adanya IKN itu sendiri,” katanya.

Apalagi, Pelindo Regional 4 Bahkan mencatat peningkatan kinerja pada semester pertama tahun 2024 dibandingkan tahun lalu.

“Untuk realisasi arus peti kemas periode sampai dengan Juni 2024 tumbuh sekitar 9,66 persen, dibandingkan periode yang sama tahun lalu, Dikenal sebagai dari 1.072.305 TEUs menjadi 1.175.853 TEUs,” katanya.

Sementara untuk arus penumpang, Pelindo Regional 4 Bahkan mencatat pertumbuhan kinerja sebesar 9,54 persen dari 3.259.657 orang menjadi 3.570.741 orang pada enam bulan pertama tahun 2024.

[Gambas:Video CNN]

(mir/sfr)





Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *