BPOM Ungkap Kronologi Temukan Pengawet Berbahaya di Roti Okko

BPOM Ungkap Kronologi Temukan Pengawet Berbahaya di Roti Okko


Jakarta

Badan Pengawas Medis dan Makanan RI (BPOM) baru-baru ini menarik peredaran roti merk Okko yang diproduksi oleh PT Abdi Rasa Meals. Produk tersebut mengandung natrium dehidroasetat, pengawet yang sering dipakai untuk Make-up.

Penarikan tersebut dilakukan karena produsen tidak menerapkan Trik Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) dengan benar dan konsisten. Terlebih, roti tersebut Bahkan mengandung pengawet berbahaya. Plt Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Ema Setyawati, S.Si, Apt, ME, mengungkapkan kronologi penemuan roti Okko mengandung bahan berbahaya natrium dehidroasetat.

“Kalau tahun ini kita menemukan Okko. Jadi di sarana produksi yang diinspeksi tanggal 2 Juli 2024, inspeksi Badan POM dilakukan berbasis risiko. Pada 2 Juli 2024 ini ditemukan penerapan CPPOB-nya nggak benar, nggak konsisten,” ucap dalam konferensi pers, Kamis (25/7/2024).


“Kemudian kami lakukan Bahkan uji sampling di laboratorium, hasilnya pada roti Okko mengandung natrium dehidroasetat, yang tidak sesuai komposisi pada pendaftaran produk. Kapan pendaftaran produknya disetujui? Oktober 2023,” kata Ema.

Lantaran menggunakan bahan tambahan pangan (BTP) yang tak sesuai dengan BPOM, lanjut Ema, produk roti Okko kemudian ditarik dari peredaran dan dihentikan produksinya.

Adapun pengawet ini bisa memicu efek samping pada orang dengan kondisi tertentu atau memiliki riwayat hipersensitivitas.

“Pada orang hipersensitivitas terhadap natrium dehidroasetat, dalam jumlah tertentu, ini dapat menimbulkan reaksi alergi dan tidak nyaman di saluran cerna,” imbuhnya lagi.

“Dengan temuan ini, BPOM Pernah menghentikan produksi dan peredaran,” imbuh Ema.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *