Virus Polio Terdeteksi di Air Limbah Gaza, Ribuan Warga Berisiko Alami Kelumpuhan

Virus Polio Terdeteksi di Air Limbah Gaza, Ribuan Warga Berisiko Alami Kelumpuhan


Jakarta

Kementerian Kesehatan Gaza dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeteksi adanya virus polio pada sampel air limbah di Gaza, Palestina. Hal ini bisa memicu ribuan warga di sana berisiko tertular virus polio Sampai saat ini menyebabkan kelumpuhan.

“Virus polio tipe 2 (VDPV2) Pernah berlangsung diidentifikasi di enam Tempat dalam sampel limbah yang dikumpulkan pada tanggal 23 Juni dari Khan Younis dan Deir al Balah,” kata WHO, dikutip dari CNN, Minggu (21/7/2024).

WHO mengatakan temuan ini terkait dengan situasi sanitasi yang buruk yang disebabkan oleh serangan militer brutal Israel di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober. Pihaknya Bahkan menyebut Di waktu ini belum ada seorang pun yang dirawat di Gaza karena kelumpuhan atau gejala virus polio. Meski begitu, warga Dianjurkan menghadapi ancaman baru yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.


“Penting untuk dicatat bahwa virus ini baru diisolasi dari lingkungan pada Di waktu ini tidak ada kasus kelumpuhan terkait yang terdeteksi,” tambah WHO.

Berbagai badan PBB, termasuk UNICEF, lembaga dana anak-anak, dan UNRWA, badan Pencari Suaka Palestina, bekerja sama dengan otoritas kesehatan setempat untuk menentukan sejauh mana virus ini Pernah berlangsung menyebar.

Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan tingkat Imunisasi polio sebelum konflik terjadi Pernah optimum. Bertolak belakang dengan kondisi penyerangan Israel melawan Hamas Pernah berlangsung menciptakan lingkungan untuk penyebaran penyakit seperti polio.

“Kehancuran sistem kesehatan, kurangnya keamanan, hambatan akses, perpindahan penduduk yang terus-menerus, kekurangan pasokan medis, buruknya kualitas air dan melemahnya sanitasi Memanfaatkan risiko penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, termasuk polio,” Tedros memperingatkan.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza menyerukan praktik untuk Memanfaatkan kebersihan dan keselamatan. Pihaknya Bahkan mengatakan terdeteksinya virus Dalang polio dalam limbah menandakan bencana kesehatan yang nyata dan membuat ribuan penduduk berisiko tertular polio.

Sebelumnya, wabah Polio Pernah berlangsung diberantas dari Gaza lebih dari 25 tahun yang lalu, dengan cakupan Imunisasi sebelum Konflik Bersenjata mencapai 95 persen pada tahun 2022

“Virus polio dapat muncul ketika cakupan Imunisasi yang buruk memungkinkan jenis virus vaksin yang diberikan secara oral yang dilemahkan untuk bermutasi menjadi versi yang lebih kuat yang mampu menyebabkan kelumpuhan,” kata juru bicara program Pemberantasan Polio world WHO.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *