9 Kelompok Indonesia Lolos Lisensi AFC Musim 2023/2024

9 Kelompok Indonesia Lolos Lisensi AFC Musim 2023/2024


Sebanyak sembilan Kelompok Indonesia dinyatakan lolos lisensi Kelompok Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) musim 2023/2024, Rabu (15/5).

Hasil lisensi tersebut berasarkan rapat Komite Lisensi Kelompok atau Membership Licensing Committee PSSI. Rapat itu dipimpin Ketua Komite Lisensi, Timmy Setiawan dengan anggota Yakub Adi Krisanto, Asep Saputra, M. Hanafing Ibrahim, dan Juninho Widjaja.

Dikutip dari situs PSSI, pada musim 2023/2024 terdapat whole 51 Kelompok dari Kejuaraan 1 dan Kejuaraan 2 yang mengikuti lisensi Kelompok ini.


Sebanyak 18 Kelompok dari Kejuaraan 1 dan 23 Kelompok Kejuaraan 2 yang mengajukan permohonan lisensi kepada Departemen Lisensi Kelompok PSSI pada pertengahan tahun lalu.

Meski begitu, dari 51 Kelompok tersebut, hanya sembilan Kelompok yang memenuhi dokumen masuk ke dalam sistem Membership Licensing Administration System (CLAS).

Kesembilan Kelompok yang mendapatkan lisensi AFC Merupakan: Bali United FC, Borneo FC Samarinda, Persik Kediri, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan Persija Jakarta.

Dari sembilan Kelompok itu, Bali United, Borneo FC, dan Persik dinyatakan lulus 100 persen, sedangkan Madura United, Persebaya, Persib, dan Persija lulus dengan syarat.

Selama periode 2023/2024, Departemen Lisensi Kelompok PSSI Menghelat tiga kali seminar atau workshop. Pertama, Membership Licensing Instructional Programme dengan tema Safety Officer Workshop pada 6-8 September 2023 di Surabaya.

Kedua, ⁠Membership Licensing Annual Seminar pada 11-13 Desember 2023 di Jakarta, dan ketiga, ⁠Membership Licensing Eduational Programme dengan tema Participant Standing pada 11-13 Desember 2023 di Jakarta.

Tidak hanya seminar, PSSI Bahkan aktif Menyajikan asistensi kepada Kelompok-Kelompok dalam memenuhi tujuan pemberian lisensi Kelompok ini.

Terkait keputusan pemberian lisensi Kelompok AFC ini, PSSI membuka kesempatan kepada Kelompok-Kelompok guna mengajukan banding sampai Kamis (23/5).

Hasil Rapat Komite Lisensi Kelompok Musim 2023/2024:

Regulasi AFC Champions League 2 :

Lolos: Bali United, Borneo FC Samarinda dan Persik Kediri

Lolos dengan syarat: Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung dan Persija Jakarta

Regulasi AFC Problem League:

Lolos: Bali United FC, Borneo FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persik Kediri, dan Rans Nusantara

Regulasi Kejuaraan 1:

Lolos: Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persik Kediri, PSIS Semarang dan Rans Nusantara

Regulasi Kejuaraan 2 :

Lolos dengan syarat: Deltras FC

(sry)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *