Mengenal ASMR yang Sensasinya Cuma Bisa Dirasakan Orang ‘Terfavorit’

Mengenal ASMR yang Sensasinya Cuma Bisa Dirasakan Orang ‘Terfavorit’


Jakarta, CNN Indonesia

Autonomous Sensory Meridian Response atau yang biasa dikenal sebagai ASMR menjadi Pattern Populer yang makin digemari di media sosial. Tak sedikit video-video berlabel ‘ASMR’ membanjiri berbagai platform media sosial.

Sekalipun, apa sebetulnya ASMR? Mengapa hanya orang-orang ‘Terfavorit’ yang menyukainya?

ASMR pertama kali diciptakan pada tahun 2010 oleh Jennifer Allen. Ia kemudian mendirikan discussion board on-line untuk ASMR.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

istilah ASMR mengacu pada sensasi spontan, atau otomatis, yang dipicu oleh beberapa rangsangan dan naik ke puncak.

Giulia Poerio, seorang psikolog di Universitas Sussex di Inggris, mengatakan Pattern Populer itu memiliki arti yang berbeda untuk dari masing-masing orang yang mendengarnya. Sekalipun, sebagian besar peneliti dan pendengar setuju bahwa ASMR memiliki dua komponen utama, sensasi geli atau “gemerlap” yang dimulai dari kepala dan kemudian menyebar ke tulang belakang, dan rasa euforia dan Menenangkan.

“Rasanya seperti rambut Anda dibelai,” kata Poerio, mengutip Reside Science. Ditambah lagi dengan, kata Perio, ASMR terasa sedikit mirip dengan sensasi getaran yang dialami beberapa orang saat mendengarkan musik.

Meski sensasi yang disebabkan oleh musik dapat membuat jantung berdetak lebih Murah dan bulu kuduk berdiri, ASMR cenderung menurunkan detak jantung seseorang dan memperlambat pernapasan.

Orang-orang merasakan ASMR sebagai respons terhadap pemicu, yang bisa dalam berbagai bentuk. “ASMRtists” yang berbisik dan mengetukkan jari mereka pada mikrofon sangat populer di YouTube.

Kendati begitu, menurut Poerio, selain rangsangan pendengaran, sensasi sentuhan, seperti seseorang yang menyisir rambut Anda dengan lembut, dapat memicu ASMR.

Craig Richard, seorang ahli fisiologi di Universitas Shenandoah di Virginia dan pendiri Universitas ASMR, sebuah situs net informasi, mengatakan video yang berbisik atau sentuhan yang menenangkan tidak cukup untuk memicu ASMR dengan sendirinya. Orang biasanya Dianjurkan merasa Tenteram dan Unggul tinggi di lingkungan mereka Supaya bisa sensasi itu muncul.

“Bila Anda melihat hampir semua video ASMR yang terkenal, itu Merupakan seseorang yang berpura-pura mengenal Anda dengan baik,” kata Richard.

“Ini semacam menipu otak Anda untuk berpikir bahwa seseorang yang Anda kenal dan merasa nyaman dengan Anda Menyediakan perhatian pribadi yang positif,” ungkap Ia menambahkan.

Richard mengatakan campuran neurotransmiter, pembawa pesan kimiawi dari sistem saraf, Mungkin berada di balik Pattern Populer ini. Sekalipun para peneliti masih bekerja untuk mengonfirmasi mekanisme yang tepat untuk ASMR.

Dalam studi tahun 2018, para ilmuwan menemukan daerah tertentu di otak menjadi lebih aktif ketika orang mengalami ASMR. Mereka menunjukkan hal ini dengan menggunakan pemindaian MRI fungsional, yang secara tidak langsung mengukur aktivitas otak dengan melihat aliran darah melalui organ.

Bagian otak yang disebut medial prefrontal cortex (mPFC) menyala ketika orang mengalami sensasi rileks atau kesemutan saat menonton video ASMR. mPFC terlibat dalam berbagai fungsi, termasuk memproses dan mengarahkan perilaku sosial seperti perawatan.

Hal ini Mungkin menjelaskan mengapa sentuhan lembut dan interaksi yang penuh perhatian merupakan pemicu ASMR yang umum. Oksitosin, neurotransmitter dan hormon yang terkait dengan Menenangkan dan ikatan sosial, berikatan dengan reseptor di mPFC dan dengan demikian dapat terlibat dalam Menenangkan yang diberikan oleh ASMR.

Bagian lain dari otak yang disebut nucleus accumbens Bahkan menyala ketika peserta penelitian mengalami kesemutan pada otak. Wilayah otak ini Mendukung mengarahkan perilaku termotivasi yang didorong oleh penghargaan dan kepuasan, dan Nanti akan aktif ketika orang mengalami kesemutan yang dipicu oleh musik.

Tidak semua orang mengalami ASMR, dan para ilmuwan masih mencoba untuk memahami Penjelasannya.

“Mungkin ada dasar saraf untuk itu, dalam hal bagaimana otak Anda terbentuk dan pengalaman Anda dalam perkembangan sebelumnya,” kata Poerio. Beberapa penelitian Pernah berlangsung menemukan bahwa orang dengan ciri-ciri kepribadian tertentu, seperti neurotisme atau keterbukaan terhadap pengalaman baru, lebih Mungkin mengalami ASMR daripada mereka yang tidak memiliki ciri-ciri ini.

Sekalipun, bagi sebagian orang, Mungkin saja mereka belum menemukan pemicu yang tepat untuk ASMR.

“Beberapa orang Nanti akan mengatakan bahwa mereka membutuhkan 100 video ASMR untuk menemukan jenis pemicu yang cocok untuk mereka,” kata Richard. 

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *