Lutut Nyeri dan Bunyi ‘Klik’ saat Berlari? Dokter Orthopedi Bicara Pemicunya

Lutut Nyeri dan Bunyi ‘Klik’ saat Berlari? Dokter Orthopedi Bicara Pemicunya


Jakarta

Berlari merupakan salah satu jenis Gerakan yang banyak disukai oleh masyarakat. Salah satu keluhan yang tak jarang dialami oleh pelari Merupakan lutut yang nyeri Sampai sekarang berbunyi ‘klik’ ketika bergerak. Apakah kondisi itu berbahaya?

Spesialis ortopedi dr Fajar Mahda, SpOT(Okay), AIFO-Okay mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa disebabkan oleh masalah patellofemoral osteoarthritis. Bunyi ‘klik’ yang muncul terjadi akibat sendi antara tulang paha, tulang kering, dan tulang tempurung mengalami gesekan berlebih.

“Bunyi klik itu biasanya disebabkan karena benturan terjadi antara tulang tempurung ini dengan tulang paha,” kata dr Fajar dalam acara temu media, Selasa (17/7/2024).


Menurut dr Fajar bunyi ‘klik’ seharusnya tidak muncul ketika sendi lutut digerakkan. Sekalipun, karena digunakan secara berlebihan dalam aktivitas, sendi lutut Pada akhirnya memunculkan rasa nyeri Sampai sekarang bunyi ‘klik’.

dr Fajar mengatakan kondisi sendi lutut yang berbunyi ‘klik’ biasanya terjadi pada orang yang rutin berlari atau bersepeda. Bunyi ‘klik’ kerap ditimbulkan dari gerakan jongkok atau squad.

“Kalau misalnya Ia suka lari gitu ya, jadi sebaiknya intensitas larinya memang Sangat dianjurkan dikurangi ya. Jangan dipaksa nanti bisa semakin parah,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *