Ahli Ungkap Kunci dari Mind Cipher Belum Bisa Buka Information PDNS 2

Ahli Ungkap Kunci dari Mind Cipher Belum Bisa Buka Information PDNS 2


Kunci dekripsi yang didapat dari kelompok ransomware Mind Cipher disebut belum bisa dipakai buat membuka information di Pusat Information Nasional Sementara (PDNS) 2.

“Belum [bisa buka data PDNS 2]. Kuncinya belum bisa dipakai buka. Katanya Dalam proses on course of terus,” ungkap Pratama Persadha, Chairman Communication & Data System Safety Analysis Heart (CISSReC), Mengikuti informasi yang diterimanya, Senin (8/7), dikutip dari detikcom.

Sebelumnya, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, saat mengumumkan pengunduran dari jabatannya, Kamis (4/7), mengaku kunci dari Mind Cipher itu Pernah bisa digunakan pada spesimen.


Pratama melanjutkan sejauh ini proses yang berhasil itu Merupakan pengunduhan atau obtain kuncinya.

“Iya dikasih obtain hyperlink untuk decryptor-nya. Tapi, sampai Hari Ini belum bisa dipakai,” ujar Ia.

Untuk Di waktu ini, Pratama mengimbau pemerintah terus memperbaiki layanan publik yang terganggu usai serangan ransomware terhadap PDNS 2.

“Mendatangi semua tenant, tanya apakah punya backup information di kantor masing-masing. Terus bantu untuk me-stay-kan lagi. Sambil segera memperbaiki sistem yang ada, perkuat keamanannya,” ucapnya.

“Perpindahan Penduduk Di waktu ini bisa on-line lagi, bukan karena information PDNS Pernah bisa di-restoration, tapi karena mereka punya backup information di servernya sendiri Meskipun demikian demikian tidak lengkap, mereka melakukannya sendiri,” lanjut Ia.

Sejauh ini, pihak Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) belum merespons permintaan konfirmasi soal masalah tersebut.

Sejak 20 Juni, PDNS 2 lumpuh kena serangan siber teknik ransomware. Hacker membuat data-datanya terkunci tak bisa diakses pemiliknya. Mereka meminta tebusan US$8 juta.

Alih-alih terus menagih tebusan, kelompok Mind Cipher, yang mengklaim sebagai peretas, memberi pembuka kunci free of charge lewat hyperlink obtain di situs gelap.

“Tadi malam kita mencoba di spesimen yang kita miliki itu bisa dibuka,” kata Semuel, di Jakarta, Kamis (4/7).

“Kita Pernah coba di spesimen kita, memang berhasil dibuka,” sambungnya. “Semua orang bisa downlod kan. Itu dibuka kan.”

Ahli keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya meminta pemerintah tidak tergoda tawaran Mind Cipher karena potensi penyusupan malware atau perangkat lunak jahat.

“Kalau Mind Cipher itu ngasihnya software program-nya Bahkan, Ia berbaik hati bikinin, tapi kita udah curiga. Tapi Mungkin sekali aja Ia menyelipin [malware] Bahkan bisa, jadi kita mesti hati-hati,” kata Ia, di Jakarta, Selasa (2/7).




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *