Imbas Peretasan PDNS, Semua Kementerian Sangat dianjurkan Punya Backup Information

Imbas Peretasan PDNS, Semua Kementerian Sangat dianjurkan Punya Backup Information


Pembantu Presiden Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mewajibkan semua kementerian dan lembaga mempunyai backup information Supaya bisa dampak seperti insiden peretasan Pusat Information Nasional Sementara (PDNS) 2 tidak terulang.

“Setiap tenant atau kementerian Bahkan Harus memiliki backup, ini necessary, tidak opsional lagi,” ujar Hadi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (1/7).

Di sisi lain, menurut Hadi, pemerintah bakal melakukan backup keamanan berlapis Supaya bisa permasalahan yang sama tidak terulang. Nantinya, chilly website yang ada di Batam, bakal ditingkatkan kemampuannya menjadi scorching website.


“Sehingga kalau secara operasional Pusat Information Nasional Sementara berjalan, ada gangguan, masih ada backup yaitu di DRC atau scorching website yang ada di Batam dan bisa autogate interactive service dan setiap pemilik information heart Bahkan memiliki backup,” imbuhnya.

Dengan demikian, ada tiga Sampai sekarang empat lapis backup untuk memitigasi kehilangan information.

Hadi mengatakan data-data tersebut Bahkan Nanti akan dibackup dengan cloud cadangan secara zonasi. Information yang disimpan di cloud Merupakan information yang sifatnya umum, seperti statistik dan lain-lain, Supaya bisa tidak memenuhi kapasitas PDNS.

Hadi menyebut pihaknya Sudah melangsungkan rapat koordinasi tingkat Pembantu Presiden yang dihadiri pihak-pihak terkait seperti Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Rapat tersebut menindaklanjuti perintah Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) terkait seluruh layanan terdampak insiden peretasan PDNS 2 yang Harus kembali regular pada Juli.

Hasilnya, Hadi mengatakan bahwa layanan yang menggunakan PDNS 2 bisa kembali melaksanakan pelayanan secara aktif pada Juli, dan dibackup oleh chilly website yang ada di Batam.

Peningkatan kemampuan ini Bahkan disebut membuat chilly website Batam bisa Menyajikan secara Mudah Bila terjadi gangguan seperti insiden PDNS 2 kemarin.

Lebih lanjut, rapat tadi Bahkan menyoroti aktivitas pengamanan siber yang dilakukan BSSN. Nantinya, sistem PDNS Nanti akan disambungkan ke komando kendali BSSN di Ragunan untuk Mengoptimalkan keamanan.

“Termasuk Bahkan mengaktifkan CSIRT, Laptop Safety Insiden Response workforce, yang Nanti akan dimonitor oleh BSSN Manakala ada notifikasi yang disampailan Sekalipun demikian tidak ada aksi,” kata Hadi.

Sebelumnya, PDNS 2 di Surabaya mengalami gangguan sejak 20 Juni. Imbasnya beberapa layanan publik lumpuh. PDNS diretas dengan memanfaatkan ransomware mind cipher.

Menurut BSSN pintu pembobolannya dari upaya penonaktifan Home windows Defender. Korban peretasan Merupakan 282 kementerian lembaga dan pemerintah daerah pengguna PDNS 2.

Sebanyak 44 di antaranya dalam proses pemulihan segera karena punya backup. Sementara, 238 instansi lainnya masih dalam proses pemantauan.

Hacker Bahkan meminta tebusan US$8 juta atau setara Rp131 miliar kepada pemerintah Bila ingin information yang ada pada PDNS 2 Surabaya dikembalikan.

Sampai Saat ini Bahkan Bahkan belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab dibalik serangan tersebut. Di sisi lain, BSSN Bahkan mengaku belum bisa mendeteksi hacker yang menyasar PDNS 2.

[Gambas:Video CNN]




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *