Viral Bocor Knowledge di X, BPJS Ketenagakerjaan Sebut Hoaks Diunggah Ulang

Viral Bocor Knowledge di X, BPJS Ketenagakerjaan Sebut Hoaks Diunggah Ulang


Dugaan kebocoran knowledge BPJS Ketenagakerjaan yang diunggah di X atau Twitter disebut sebagai hoaks yang diunggah ulang.

Rumor ini salah satunya disebar oleh akun yang kerap mengunggah insiden-insiden siber @FalconFeedsio, Kamis (27/6). Per sore ini, postingan tersebut mendapat 1.200 an like, 1.600 retweet, dan 251 komentar.


“BPJS Ketenagakerjaan Knowledge Breach,” demikian judul unggahannya.

Akun tersebut mengklaim salah satu anggota discussion board hacker BreachForums mengunggah “important knowledge breach” dari BPJS Ketenagakerjaan. Bocoran knowledge ini, kata Ia, mencakup nama lengkap, tanggal lahir, alamat e mail, nomor telepon, kelompok usia, alamat, kode pos, Sampai saat ini provinsi.

[Gambas:Twitter]

Meski begitu, akun tersebut tak memerinci lebih jauh soal bocoran knowledge itu.

Merespons insiden ini, Oni Marbun, Deputi Bidang Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, membantah kabar tersebut.

“Terkait adanya dugaan peretasan knowledge BPJS Ketenagakerjaan, kami sampaikan bahwa hal tersebut merupakan isu tidak benar dari tahun 2023 yang di-posting ulang di media sosial oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujar Ia, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/6).

Menurut hasil investigasi yang dilakukan sebelumnya dan investigasi ulang pada Juni 2024 ini, kata Oni, “dipastikan bahwa knowledge tersebut bukan berasal langsung dari BPJS Ketenagakerjaan.”

“Meski demikian, kami Nanti akan tetap melakukan investigasi dan langkah-langkah preventif penguatan sistem keamanan teknologi informasi terhadap potensi gangguan knowledge dengan peningkatan proteksi dan ketahanan sistem.”

“Kami berkomitmen untuk mengelola seluruh knowledge pribadi peserta dengan baik dan Terjamin,” ujar Oni.

Kasus lama

Pada 2023, rumor kebocoran knowledge BPJS Ketenagakerjaan sempat dihembuskan oleh pembocor knowledge Bjorka.

Dalam sebuah unggahannya di BreachForums, pada Minggu (12/3/2023), Bjorka membocorkan 19,5 juta knowledge dengan nama ‘BPJS Ketenagakerjaan Indonesia 19 Million’.

Knowledge tersebut dijual di discussion board gelap seharga Rp153 juta.

Ia turut membagikan 100 ribu sampel knowledge yang memuat NIK, nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor ponsel, alamat e mail, jenis pekerjaan dan nama perusahaan.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *