PDNS 2 Diserang Hacker, 3 Layanan Pulih dari Complete 282 Korban

PDNS 2 Diserang Hacker, 3 Layanan Pulih dari Complete 282 Korban


Tiga layanan pengguna Pusat Information Nasional Sementara (PDNS) 2 berangsur pulih usai diserang peretasan dengan modus ransomware.

Diberitakan sebelumnya, PDNS 2 lumpuh sejak 20 Juni imbas serangan ransomware Lockbit 3.0. Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Telkom Sigma pun melakukan pemulihan.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan menyatakan proses restoration atau pemulihan jangka pendek dilakukan dengan mengembalikan layanan di DRC Sementara dengan menggunakan information backup PDNS 1 dan PDNS 2.


“Sampai sekarang hari ini, terdapat 3 layanan yang Pernah berlangsung berangsur pulih yaitu layanan keimigrasian, layanan perizinan occasion Kemenkomarves dan layanan LKPP,” kata Ia, di Jakarta, Selasa (25/6), melansir siaran pers Kominfo.

Direktur Community & IT Resolution PT Telkom Indonesia Tbk Herlan Wijanarko mengungkap 282 pengguna PDNS 2 terdampak serangan.

“Setelah terjadi gangguan di PDNS 2 Surabaya akibat serangan Ransomware Mind Cipher, terdapat 282 tenant yang terdampak.”

Dalam upaya pemulihannya, PDNS ini didukung dua information middle, Disebut juga di Tangerang dan Surabaya, serta satu Catastrophe Restoration Heart (DRC) yang bersifat chilly backup di Batam.

“Proses restoration jangka pendek dilakukan dengan mengembalikan layanan di DRC Sementara di Tangerang dengan menggunakan information backup yang tersedia,” ungkap Herlan.

Dalam jangka menengah, Telkom Sigma dan Lintas Arta Nanti akan segera melakukan pemulihan PDNS 2 Segera sekali Pada saat yang sama dengan proses forensik yang terus berjalan.

“Untuk jangka panjang Nanti akan dilakukan dengan normalisasi arsitektur keseluruhan setelah PDNS 2 kembali berfungsi,” ungkapnya.

Sementara, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengaku masih terus berproses mengupayakan investigasi secara menyeluruh setelah mengidentifikasi sumber serangan Mind Chiper Ransomware, yang merupakan pengembangan terbaru dari ransomware Lockbit 3.0.

“Nanti akan dilakukan analisis lebih lanjut terhadap sampel ransomware dengan melibatkan entitas keamanan siber lainnya. Hal ini menjadi penting untuk lesson discovered dan upaya mitigasi Supaya bisa insiden serupa tidak terjadi lagi,” kata Juru Bicara BSSN Ariandi Putra.




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *