Sebaiknya Berapa Kali Minum Kopi dalam Sehari? Ini Batas Amannya

Sebaiknya Berapa Kali Minum Kopi dalam Sehari? Ini Batas Amannya

Jakarta

Kopi jadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang. Minum kopi dipercaya bisa Menyajikan dorongan energi ataupun mengatasi kelelahan.

Menurut para ilmuwan Meals and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, bagi kebanyakan orang kafein bisa menjadi bagian dari pola makan sehat. Tapi, Bila Berlebihan kafein Bahkan bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Lalu, berapa kali batas minum kopi dalam sehari yang baik? Simak jawabannya di bawah ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aturan Minum Kopi yang Baik dan Aman Per Hari

Menurut FDA, batasan minum kopi yang baik dalam sehari Merupakan 4-5 lima cangkir kopi atau 400 miligram sehari. Jumlah tersebut umumnya tidak dikaitkan dengan Dampak Negatif dan berbahaya.

Tapi, ada variasi yang luas dalam hal seberapa sensitif orang terhadap efek kafein serta seberapa Mudah mereka memetabolisme (menguraikannya).

Seringnya orang tidak Nanti akan mengalami efek samping serius, seperti mual dan muntah, jantung berdebar, diare, Sampai sekarang kematian kecuali Bila mereka mengkonsumsi 1.200 miligram kopi, atau 12 sekitar cangkir dalam sehari.

Meskipun demikian, Ahli weight loss program dan nutrisi dari American Society for Diet, Tricia Psota, menganjurkan untuk minum kopi di bawah batasan yang dianjurkan FDA.

Penjelasannya karena mengkonsumsi 400 miligram per hari bisa membuat seseorang merasa gelisah, cemas, Sampai sekarang susah tidur.

“Meski beberapa orang bisa dengan mudah menenggak empat sampai lima cangkir kopi dalam sehari, yang lain Kemungkinan memiliki toleransi kafein yang lebih rendah dan rentan mengalami efek samping,” terang Psota dikutip dari NBC Information.

Sementara itu, Ahli weight loss program dari Florida Diet Group, Jessica Sylvester, menyebut bahwa seiring pertambahan usia, orang Bahkan rentan mengalami efek samping minum kopi. Semakin tua, maka kemampuan tubuh dalam mentoleransi makanan atau zat kimia tertentu Bahkan Nanti akan berubah.

“Bila Anda mulai merasa sangat lelah dan kafein tidak Membantu, maka Anda Harus berhenti (mengkonsumsi kopi). Bila jantung Anda berdetak sangat kencang, Anda Harus berhenti. Setiap orang punya tanda yang berbeda-beda,” katanya.

Selain jumlah konsumsi per hari, jenis kopi yang dikonsumsi pun Bahkan Harus diperhatikan. Ahli nutrisi dari Mayo Clinic, Nikki Cota, mengatakan kopi dari kedai kopi dapat mengandung Sampai sekarang 50 gram gula.

Kandungan gula tersebut melebihi asupan harian yang dianjurkan FDA, bagi orang-orang yang mengkonsumsi 2.000 kalori setiap hari.

“Hati-hati dengan pumpkin spice latte yang mengandung gula dan kalori,” imbau Nikki Cota

Kelompok Orang yang Tidak Dianjurkan Minum Kopi

Sekalipun kopi memiliki Sebanyaknya manfaat untuk kesehatan, tapi tidak semua orang disarankan untuk minum kopi. Berikut Merupakan kelompok orang yang Harus membatasi asupan kopi:

1. Wanita Hamil dan Menyusui

Psota menuturkan konsumsi kopi tidak dianjurkan untuk wanita yang Pada Saat ini Bahkan sedang hamil atau menyusui. Sebanyaknya penelitian menyebut kafein bisa Memanfaatkan risiko bayi lahir dengan bobot tubuh yang lebih ringan.

Sedangkan untuk wanita yang menyusui, Psota merekomendasikan tidak lebih dari dua cangkir per hari atau 200 miligram kopi. Penjelasannya karena melalui ASI kafein bisa terkonsumsi oleh bayi.

Bagi seseorang yang Pada Saat ini Bahkan sedang hamil, mencoba untuk hamil, atau menyusui, atau khawatir dengan kondisi maupun Terapi lain, disarankan untuk membicarakan hal ini penyedia layanan kesehatan. Tujuannya Supaya bisa mengetahui apakah kamu Harus membatasi konsumsi kafein.

2. Remaja

Remaja dianjurkan untuk membatasi jumlah kopi harian. Dokter anak dari Columbia College Irving Medical Heart, dr David Buchholz, membeberkan bahwa tidak ada jumlah kafein yang sehat untuk dikonsumsi para remaja.

Hanya saja dalam beberapa tahun terakhir, Sebelumnya banyak model yang memproduksi minuman energi berkafein untuk para remaja.

Terkait hal itu, Buchholz menyarankan batasan untuk tidak lebih dari 100 miligram atau sekitar 1 cangkir kopi.

“Manakala remaja minum 1 cangkir kopi dan Ia merasa baik-baik saja, keluarganya Bahkan tidak masalah, dan Ia tidak mengalami efek samping, maka Kemungkinan tidak ada salahnya. Meskipun demikian, bermacam-macam orang punya tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Jadi Bila seseorang mengeluhkan susah tidur di malam hari, maka hal pertama yang Nanti akan saya lakukan Merupakan menghindari kafein,” jelasnya.

FDA sendiri belum menetapkan batasan tersebut untuk anak-anak. Tapi, American Academy of Pediatrics melarang anak-anak dan remaja untuk mengkonsumsi kafein dan stimulan lainnya.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *