Wajib Tahu! Ini Waktu Dilarang untuk Minum Kopi dan Dampaknya pada Kesehatan

Wajib Tahu! Ini Waktu Dilarang untuk Minum Kopi dan Dampaknya pada Kesehatan

Jakarta

Kopi kerap kali dikonsumsi oleh banyak orang lantaran dapat Mengoptimalkan energi dan kewaspadaan. Biasanya, orang-orang Nanti akan meminum kopi saat pagi, siang, dan sore hari. Sekalipun, para ahli mengatakan tidak seharusnya kopi diminum setiap saat.

Ada waktu-waktu tertentu yang tidak direkomendasikan untuk minum kopi. Bahkan, hal itu bisa memicu masalah kesehatan.

Berikut waktu-waktu yang tidak disarankan untuk minum kopi:


1. Saat pagi setelah bangun tidur

Kafein yang ada di dalam kopi menjadi stimulan untuk Menyajikan energi untuk bangun saat pagi. Salah satu Ideas kafein melakukan ini Merupakan dengan Mengoptimalkan jumlah kortisol di dalam tubuh.

Meski kopi memiliki efek stimulan yang baik untuk Membantu tubuh tetap terjaga, efek tersebut tidak bermanfaat saat dikonsumsi pagi hari setelah bangun tidur.

Sebab, secara biologis, hormon kortisol seseorang Nanti akan mencapai puncaknya antara pukul 7 Sampai saat ini 8 pagi, dan secara bertahap Nanti akan turun sepanjang hari. Sehingga pada saat itu, tubuh tidak membutuhkan tambahan kafein untuk Membantu tetap waspada.

“Anda secara alami melepaskan kortisol di pagi hari untuk Membantu menjadi lebih waspada dan sadar Nanti akan lingkungan sekitar saat Anda bangun dari tidur,” jelas ahli food regimen Anthony DiMarino yang dikutip dari Cleveland Clinic.

Efek samping dari minum kopi saat pagi dapat Mengoptimalkan produksi kortisol. Beberapa orang Kemungkinan menyambut guncangan ekstra ini pada sistem mereka, sementara yang lain Kemungkinan merasa lebih cemas, gelisah, atau mudah tersinggung.

“Ketika kadar kortisol tetap tinggi, Anda berisiko lebih tinggi mengalami penambahan berat badan, diabetes, masalah jantung, dan masalah kesehatan lainnya,” tambahnya.

2. Sore menjelang malam

Waktu yang dilarang minum kopi lainnya Merupakan sore menjelang malam, terutama saat Nanti akan tidur. Minum kopi di waktu tersebut bisa menyebabkan gangguan tidur dan kecemasan. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang ada di dalam kopi.

“Kafein memiliki waktu paruh dua Sampai saat ini 10, tergantung metabolisme tubuh seseorang,” kata DiMarino.

Maka dari itu, dibutuhkan waktu paling sedikit dua jam atau paling lama 10 jam bagi tubuh untuk menghilangkan setengah efek kafein dari satu cangkir kopi.

Sekalipun, bagi orang-orang dengan ‘gen kopi’ tertentu, secangkir kopi saat malam Kemungkinan tidak menjadi masalah. Gen yang dimaksud Merupakan gen CYP1A2.

Gen CYP1A2 Membantu tubuh memecah dan membuang kafein. Pada beberapa orang Pada dasarnya memiliki dua salinan gen ini, yang Membantu memecah kafein lebih Mudah dibandingkan mereka yang hanya memiliki satu salinan gen.

NEXT: Saat kopi baru diseduh dan kurang tidur

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *