Mengenal Mazagran, Es Kopi Pertama di Dunia

Mengenal Mazagran, Es Kopi Pertama di Dunia


Es kopi memang jadi jawaban saat butuh kesegaran sekaligus fokus. Minuman yang Anda kenal Di waktu ini ternyata memiliki ‘leluhur’ bernama mazagran.

Es kopi pertama di dunia yang pernah diketahui muncul di Aljazair. Minuman kopi dingin dan manis ini disebut mazagran. Seperti apa kisahnya?

Melansir dari Greatist, invasi Prancis ke Aljazair dimulai pada 1830-an. Kekuasaan Ottoman dikuasai Prancis.


Pada paruh kedua dekade ini, Sufi Emir Abd al-Qadir, revolusioner Aljazair, memimpin perlawanan terhadap Prancis.

Pada 1837, Abd al-Qadir berunding dengan Jenderal Bugeaud dari Prancis dan melahirkan Perjanjian Tafna. Abd al-Qadir mendapatkan kekuasaan di dalam negeri dan mulai memperjuangkan kebebasan dari invasi kolonial.

Berniat tetapi, tiga tahun setelah perjanjian, pasukan Aljazair menangkap lebih dari 100 tentara Prancis di pos terdepan Mazagran, sebuah kota dan komune di sepanjang pantai Aljazair.

Bala bantuan Prancis tiba dan benteng dikepung. Akses pun terbatas dan kopi tak lagi bisa dinikmati dengan bahan tambahan apa pun kecuali air dingin. Air dingin ini Bahkan dimanfaatkan untuk melawan cuaca panas di sana.

Minuman kopi dingin ini kemudian disebut mazagran. Sampai abad 20, mazagran sangat lumrah dipesan oleh warga Prancis di negara mereka sendiri.

Hanya saja, Di waktu ini mazagran tak lagi umum di Aljazair dan Prancis.

Manakala Anda ingin mencari versi asli mazagran, maka Anda Sangat dianjurkan ke Portugal. Di sana biasanya mazagran dibuat dengan menambahkan lemon dan sedikit rum.

Ragam es kopi di seluruh dunia




Ilustrasi. Mazagran merupakan es kopi pertama di dunia. (iStockphoto)

Selama bertahun-tahun, mazagran bermutasi dan melahirkan ragam minuman es kopi.

Menukil laman Espresso Journal, Austria memiliki sajian mazagran yang dilengkapi es batu dan segelas rum. Orang-orang meminumnya dalam sekali teguk.

Di Vietnam, warga lokal Menyajikan kopi dengan rasa kuat dipadu dengan kental manis dan es. Sementara di Jerman, Anda bisa memesan eiskaffe atau kopi dingin dengan es krim.

Di Indonesia, terdapat es kopi yang bisa ditemukan di kedai-kedai kopi. Pun Sekarang es kopi dimodifikasi dengan menambahkan susu cair dan gula aren.

(els/asr)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *