Ini Usia Excellent Anak Mulai Diberikan Edukasi Seks, Jangan Lagi Dianggap Tabu

Ini Usia Excellent Anak Mulai Diberikan Edukasi Seks, Jangan Lagi Dianggap Tabu


Jakarta

Kasus Kekejaman atau pelecehan seksual Sangat dianjurkan diakui masih menjadi salah satu pekerjaan rumah di Indonesia. Tindak kejahatan ini bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. Serta di rentang umur yang bervariasi, baik dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

Spesialis anak dr Meita Dhamayanti, SpA(Okay) mengatakan betapa pentingnya Menyajikan pendidikan seksual kepada anak. Di sisi lain, dr Meita ingin semua orang tua tidak menganggap tabu soal edukasi seksual ini.

“Sangat penting ini edukasi seksual (pada anak). Satu yang saya ingin tekankan pada orang tua ya, jangan mengatakan tabu. (Edukasi seks) tidak tabu, asal kita memberikannya dengan Trik yang baik,” ujar dr Meita dalam webinar daring Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Kamis (20/6/2024).


Melalui riset, lanjut dr Meita, umumnya anak-anak yang menjadi korban pelecehan seksual itu mereka tidak dibekali dengan edukasi seks yang baik. Salah satu penyebabnya Merupakan orang-orang di sekitarnya yang masih menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tabu.

dr Meita mengimbau kepada seluruh orang tua untuk perlahan mulai mengenalkan soal pendidikan seks kepada anak. Trik komunikasi soal hal ini bisa dengan ketika orang tua memandikan sang buah hati.

“Kapan kita (orang tua) bisa mengenalkan edukasi seks? Mulai dari kita memandikan anak. Trik paling mudah itu sambil memandikan. Mengenalkan anatomi tubuh tadi, ‘oh ini bagian-bagian tubuh kita terdiri dari apa, bagian ini tidak boleh (dipegang atau diperlihatkan pada orang lain),” ujar dr Meita.

“Dua tahun pertama itu Sebelumnya bisa kita kenalkan, jadi sedini Kemungkinan. Kalau di dua tahun pertama anak Sebelumnya mampu, bisa kita kenalkan. Tapi biasanya di atas dua tahun mereka baru bisa tahu mengenai anatomi,” sambungnya.

Ditambah lagi dengan, dr Meita Bahkan menyadari Seandainya Pada Di waktu ini anak-anak tak bisa lepas dari gawainya. Sehingga, orang tua bisa mencuri-curi waktu untuk tetap bisa Menyajikan pendidikan seksual kepada anak melalui gawai.

“Dengan gawai, Hari Ini banyak aplikasi yang membuat tentang edukasi masalah seksual. Seperti yang kita punya, PrimaKu yang Sebelumnya jelas punya IDAI. Carilah aplikasi digital yang resmi karena itu sangat bisa mengedukasi,” tutur dr Meita.

Bertolak belakang dengan, orang tua Bahkan Sangat dianjurkan tetap dituntut untuk memiliki literasi digital yang baik. Sehingga, bisa Menyajikan pendampingan kepada anak Supaya bisa tidak ‘tersesat’ saat menggunakan gawainya.

“Di samping ada aplikasi, mohon kiranya orang tua Bahkan mengetahui mana yang Aman, aplikasi mana yang Aman. Dan untuk anak-anak, dampingi. Carilah web site atau informasi digital yang Sungguh-sungguh Aman,” tutupnya.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *