Bukan Turbo Betulan, Apa Alasan Yamaha Pakai Nama Turbo untuk Nmax?

Bukan Turbo Betulan, Apa Alasan Yamaha Pakai Nama Turbo untuk Nmax?


Yamaha Indonesia menyematkan nama ‘Turbo’ di generasi terbaru dari Nmax yang baru dirilis. Istilah ini tak merujuk ke komponen perangkat induksi paksa seperti turbo biasanya, jadi apa alasan Yamaha memakai kata Turbo untuk Nmax terbaru.

Deputy Common Supervisor Advertising and marketing Communication Yamaha Indonesia Kendaraan Bermotor Roda Dua Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro menjelaskan kata turbo merupakan istilah Supaya bisa mudah dipahami konsumen.

“Pada dasarnya untuk mengkomunikasikan teknologi terbaru dari Yamaha yang menggunakan Yamaha Electrical CVT (YECVT) itu kita mencoba mencari kata-kata atau istilah yang mudah dipahami,” kata Ia di vendor Yamaha Cibinong, Jabar, Jumat (21/6).

“Makanya kita komunikasikan pakai kata turbo ini, yang mudah dipahami oleh konsumen untuk memperkenalkan teknologi YECVT ini,”

Teknologi ‘turbo’ di Nmax ini hanya disematkan pada varian Nmax Turbo dan Nmax Turbo Tech Max saja.

Sedangkan pada varian lain, Neo, yang merupakan varian termurah, masih menggunakan CVT konvensional.

Nmax dengan embel-embel turbo sistem kerjanya bukan seperti turbo pada umumnya yang mengompresi udara. Bentuk turbonya Bahkan bukan seperti keong yang menempel pada bagian mesin.

Turbo pada Nmax Turbo 2024 menggunakan Kendaraan Bermotor Roda Dua penggerak yang menggantikan Ideas kerja curler yang dinamakan Transmission Management Unit (TCU) atau dinamo.

Secara singkat, Nmax Turbo tak lagi menggunakan curler untuk menggerakkan belt di pulley depan, ke atas atau ke bawah. Mekanisme ini digantikan Kendaraan Bermotor Roda Dua yang bernama TCU.




Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Yamaha Nmax Turbo. (CNN Indonesia/ Chandra Erlangga)

TCU tersebut mendapatkan informasi atau perintah dari pengendara lewat tombol Y Shift yang ada di setang sebelah kiri. Tombol ini ada tiga tingkatan sesuai kebutuhan akselerasi dan deselerasi kecepatan untuk mode S.

Seandainya pengendara mengaturnya di tingkat pertama, sistem Akan segera mendapat perintah sehingga TCU Akan segera bergerak menyesuaikan ketinggian belt di pulley.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *