Mendagri Beber Biang Kerok Harga Bawang Putih Meroket

Mendagri Beber Biang Kerok Harga Bawang Putih Meroket


Pembantu Pemimpin Negara Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan harga bawang putih tak kunjung turun karena minimnya realisasi Pembelian Barang dari Luar Negeri Barang Dagangan tersebut.

Menurutnya, mahalnya bawang putih di dalam negeri bukan karena harga dari negara asal impornya, yakni China, naik.

“Kalau kita terjadi Fluktuasi Harga bawang putih, bukan karena harga tempat sumbernya naik, tetapi karena kita sendiri di dalam negeri, manajemen kita kurang bagus. Yang sudah diberikan izin Pembelian Barang dari Luar Negeri belum melalukan realisasi seusai goal,” katanya dalam rapat koordinasi Fluktuasi Harga Barang dan Jasa, Senin (13/5).


Tito mengatakan harga bawang putih di China cenderung stabil di degree US$0,89 per kg. Masalah harga ini terletak pada para importir yang sudah diberikan izin Pembelian Barang dari Luar Negeri, tetapi belum melalukan realisasi sesuai goal.

“Sudah punya izin Pembelian Barang dari Luar Negeri tetapi tidak bisa merealisasikan, sama saja bohong,” katanya.

Karena itu, ia mengimbau Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Pertanian untuk mendorong pelaku usaha merealiasasikan impornya.

“Kalau sudah masuk (bawang putih Pembelian Barang dari Luar Negeri), segera distribusi. Kemudian kalau sudah realisasi, ditahan sampai langka, harga naik, baru dilepas untuk dapat keuntungan, nah ini pidana, pidana penimbunan barang,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi III Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Edy Priyono mengatakan pihaknya akan memanggil importir bawang putih terkait minimnya realisasi Pembelian Barang dari Luar Negeri Barang Dagangan tersebut.

“Sebagai salah satu tindaklanjut, minggu ini atas persetujuan Kemendag, kami akan memanggil importir bawang putih ke Kantor Staf Kepala Negara, kita akan bicara bagaimana caranya realisasi Pembelian Barang dari Luar Negeri cepat,” katanya.

Ia mengatakan Badan Pangan Nasional juga tengah menyusun Hukuman Politik administratif bagi importir yang tidak kunjung merealisasikan persetujuan Pembelian Barang dari Luar Negeri (PI).

“Kita sudah menyampaikan konsen kita, tidak bisa telah memberikan PI, lalu pengusaha seenaknya sendiri kapan mengatur kapan masuknya bawang putih dan sebagainya,” katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *