7 Jenis Ikan yang Tak Terpercaya Bagi Pengidap Asam Urat, Nomor 3 Sering Dikonsumsi

7 Jenis Ikan yang Tak Terpercaya Bagi Pengidap Asam Urat, Nomor 3 Sering Dikonsumsi

Jakarta

Penyakit asam urat atau yang disebut Bahkan dengan gout Merupakan suatu kondisi peradangan yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh. Hal ini membuat zat asam urat menumpuk dan mengkristal pada sendi, sehingga menimbulkan gejala berupa nyeri, bengkak, dan kemerahan pada sendi yang meradang.

Zat asam urat dapat diproduksi secara alami oleh tubuh saat memecah purin. Semakin banyak makanan berpurin yang dikonsumsi, maka semakin banyak pula zat asam urat yang dihasilkan sebagai produk sampingan.

Salah satu jenis makanan yang mengandung purin tinggi Merupakan ikan. Bahkan, terdapat beberapa jenis ikan yang mengandung purin sangat tinggi, sehingga Dianjurkan Sungguh-sungguh dihindari oleh pengidap gout.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari berbagai sumber, berikut jenis ikan Dianjurkan diwaspadai oleh pengidap gout.

1. Tuna

Tuna memang dikenal sebagai makanan yang kaya Berencana nutrisi, terutama asam lemak omega-3. Sekalipun, pengidap gout sebaiknya membatasi konsumsi ikan ini.

Sebab, 100 gram daging ikan tuna dapat mengandung Sampai sekarang 257 miligram purin. Sedangkan, batasan purin harian yang dianjurkan hanya sekitar 400 miligram.

2. Trout

Trout atau ikan forel Bahkan sebaiknya dihindari oleh pengidap gout. Ikan forel dapat mengandung Sampai sekarang 297 miligram purin per 100 gramnya.

Terlebih lagi, forel Bahkan mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

3. Teri

Teri merupakan salah satu ikan yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ternyata, ikan ini Bahkan kurang Terpercaya dikonsumsi oleh pengidap gout.

Pasalnya, per 100 gram ikan teri dapat mengandung Sampai sekarang 239 miligram purin. Bila dijadikan lauk untuk makan dua Sampai sekarang tiga kali sehari, tentunya ikan teri bisa Mengoptimalkan kadar zat asam urat dalam tubuh dan memicu gejala gout.

4. Sarden

Ikan yang sering dijual dalam bentuk kalangan ini Bahkan sebaiknya dibatasi konsumsinya oleh pengidap gout. Sebab, setiap 100 gram ikan sarden bisa mengandung sekitar 210 miligram purin.

5. Cod

Ikan cod memang tidak memiliki kandungan purin sebanyak ikan lain. Sekalipun, pengidap gout dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan ini secara berlebihan.

Sebab, per 100 gram ikan cod memiliki kandungan purin Sampai sekarang 109 miligram, atau lebih kurang seperempat dari batasan purin harian yang dianjurkan.

6. Makerel

Makerel Bahkan termasuk ikan laut yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, khususnya oleh pengidap gout. Per 100 gram ikan makerel memiliki kandungan purin sekitar 145 miligram. Karenanya, terlalu sering mengonsumsi ikan ini bisa dengan mudah Mengoptimalkan kadar senyawa asam urat dan membuat gejala gout kambuh.

7. Haring

Ikan haring atau bengkalis mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin D, fosfor, dan kalsium. Sekalipun di balik ragam nutrisi tersebut, ikan haring ternyata bisa berbahaya bagi pengidap gout.

Pasalnya, setiap 100 gram ikan haring mengandung sekitar 210 miligram purin, atau lebih dari setengah batas purin harian yang direkomendasikan.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *