Dikenal Bikin Gatal, Ini 6 Manfaat Daun Jelatang bagi Kesehatan

Dikenal Bikin Gatal, Ini 6 Manfaat Daun Jelatang bagi Kesehatan

Jakarta

Daun jelatang (Urtica dioica L.) atau daun gatal memang bisa menyebabkan gatal Bila disentuh. Sekalipun di balik itu, ada banyak manfaat daun jelatang bagi kesehatan.

Dikutip dari Jurnal Penelitian Saintek Universitas Sari Mutiara Indonesia, Quantity 26, Nomor 2, 2021, jelatang termasuk dalam famili Urticaceae dan genus Urtica. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah beriklim Pada saat ini Bahkan sedang dan lembab. Perkembangbiakan tanaman ini Merupakan dengan menyebarkan rhizome dan stolon Sampai saat ini membentuk rumpun.

Jelatang dapat tumbuh Sampai saat ini mencapai 1-2 meter. Daunnya berwarna hijau, bertekstur kasar dan ditutupi oleh bulu-bulu menyengat (trikoma). Ukuran daunnya kisaran 2-3 inci, ramping, bergerigi, dan berujung lancip.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam artikel ini Berencana kita ulas berbagai manfaat daun jelatang bagi kesehatan, mulai dari kesehatan kulit, sebagai bahan pangan, Sampai saat ini insektisida.

Manfaat Daun Jelatang

Berikut ini Sebanyaknya manfaat daun jelatang bagi kesehatan tubuh:

1. Sebagai Anti-Getting old

Dikutip dari buku Potensi Anti-Getting old Dari Ekstrak Daun Gatal Atau Daun Jelatang (Urtica dioica L.) (2020) karya Siti Maimunah, SSi, dkk, daun jelatang memiliki sifat antioksidan sehingga dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Ekstrak daun jelatang bisa Membantu perawatan anti-aging kulit karena mengandung senyawa polisakarida, vitamin C, karoten serta flavonoid quercetin, rutin, kaempferol, dan beta-sitosterol.

Ekstrak tanaman ini sering dipakai untuk pembuatan Make-up sebagai krim topikal. Kandungannya Bahkan biasa dijadikan dalam komposisi pada sampo.

2. Menyembuhkan Infeksi

Tanaman dari famili Urticaceae, termasuk jelatang memiliki aktivitas antibakteri yang memiliki khasiat sebagai Resep. Jelatang dapat Membantu penanganan penyakit infeksi yang disebabkan bakteri.

Ekstrak etanol pada daun jelatang memiliki daya hambat lebih baik terhadap bakteri gram negatif, seperti Salmonella typhi dan E. Coli. Efek serupa Bahkan diperoleh terhadap bakteri gram positif Staphylococcus aureus.

3. Sebagai Anti-Jamur

Ekstrak daun jelatang Bahkan mengandung bahan antijamur, sehingga mampu menghambat perkembangan spesies Candida albicans yang sering menginfeksi bagian mulut, organ intim, dan saluran pencernaan.

4. Bahan Pangan

Daun jelatang Sebelumnya terdaftar di Eropa sebagai perisa alami. Natural ini Bahkan Sebelumnya digunakan sebagai bahan sup dan teh. Daun muda dan akarnya dapat dijadikan sup tinggi protein dalam kondisi darurat, misal ketika mendaki gunung.

5. Krim Luka Bakar

Daun jelatang mengandung tanin yang Membantu penyembuhan pada luka bakar. Ekstrak daun jelatang dapat diformulasikan untuk dijadikan krim luka bakar. Penggunaannya Sebelumnya diuji coba pada mencit. Penelitian ini dirilis dalam Indonesian Journal of Well being Science, Quantity 3 No 2a, 2023, karya Nurin Chasanah, dkk, dari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

6. Membasmi Demam Berdarah

Dalam penelitian berjudul Pengaruh Insektisida Alami Ekstrak Daun Jelatang Terhadap Mortalitas Larva Aedes aegypti karya Faleryan Wisnu Laksono, dkk, dari Fakultas Teknik, Universitas Wahid Hasyim, dibuktikan daun jelatang bersifat toksik terhadap larva nyamuk Aedes aegypti.

Daun jelatang ini mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tanin, steroid, dan saponin. Kandungan ini dapat berfungsi sebagai bio-insektisida.

Demikian tadi Sebelumnya kita ketahui 6 manfaat daun jelatang bagi kesehatan tubuh, mulai dari manfaat anti-aging, bahan pangan, Sampai saat ini insektisida.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *