Kadar Kolesterol Tinggi usai Kalap Makan Daging, Amankah Minum Resep Statin?

Kadar Kolesterol Tinggi usai Kalap Makan Daging, Amankah Minum Resep Statin?


Jakarta

Perayaan Idul Adha kerap dijadikan momen menyenangkan untuk menyantap banyak makanan lezat. Sekalipun, Sangat dianjurkan tetap hati-hati, terkadang makanan-makanan yang disajikan tinggi lemak Sekaligus kolesterol.

Resep statin kerap dijadikan salah satu senjata ‘instan’ masyarakat untuk mengatasi tingginya kolesterol. Kenyataannya apakah penggunaan Resep statin beneran berpengaruh untuk menurunkan kolesterol dengan Mudah?

Dokter spesialis penyakit dalam dr Rudy Kurniawan, SpPD mengatakan bahwa Resep statin hanya digunakan untuk proses penurunan kolesterol jangka panjang. Resep tersebut memang mampu Membantu mengurangi berbagai risiko penyakit kardiovaskular, Sekalipun tidak untuk jangka pendek.


“Statin digunakan untuk jangka panjang dalam mengelola kolesterol tinggi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, bukan untuk penggunaan jangka pendek setelah makan besar,” kata dr Rudy Kurniawan ketika dihubungi detikcom.

“Resep ini tidak dirancang untuk menangani dampak Mudah dari makanan tinggi kolesterol,” sambungnya.

dr Rudy Kurniawan melanjutkan bahwa Resep statin bekerja secara bertahap. Efek yang ditimbulkan dari statin pun tidak langsung muncul saat itu Bahkan.

Ia mengingatkan, Seandainya seseorang membutuhkan statin,sebaiknya mengonsultasikannya terlebih Pada masa itu pada dokter. Sebab Resep tersebut tak bisa asal dikonsumsi dan Sangat dianjurkan mengacu pada resep dokter. Hal ini Sangat dianjurkan dilakukan Supaya bisa pasien mendapatkan perawatan yang paling akurat dan efektif.

“Efektivitas statin memerlukan penggunaan konsisten sesuai dengan indikasi misalnya seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan sebagainya. Tetap konsultasikan ke dokter ya terkait penggunaan statin,” tandasnya.

Berikut ini Merupakan beberapa ideas yang bisa dilakukan untuk menjaga kolesterol ketika Tengah mengonsumsi makanan khas Idul Adha:

  • Olahraga teratur 30 menit tiap hari.
  • Kombinasikan Olahraga dengan latihan beban.
  • Jaga berat badan preferrred.
  • Berhenti merokok untuk Memanfaatkan kadar HDL (kolesterol baik).
  • Istirahat yang cukup dengan tidur Unggul 6-8 jam per hari.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *