Eksim Anak Tak Sembuh-sembuh? Kata Dokter, Kemungkinan Dipicu Makanan Ini

Eksim Anak Tak Sembuh-sembuh? Kata Dokter, Kemungkinan Dipicu Makanan Ini


Jakarta

Pemicu meradangnya eksim atau dermatitis atopik pada anak bisa dipengaruhi banyak hal. Salah satunya akibat konsumsi makanan tertentu.

Spesialis dermatologi, venerologi, dan estetika dr Srie Prihianti Gondokaryono, Sp.D.V.E mengatakan makanan yang mengandung protein Akan segera memicu timbulnya ruam pada anak di usia 0,5 sampai 2 tahun.

“Makanannya banyak yang mengandung protein justru. Saya punya pasien yang alerginya sama telur, jadi kalau Ia makan telur Tidak mungkin tidak muncul tuh ruam merah-merah,” ujar dr Srie saat speak present di Jakarta Selatan, Sabtu (15/6/2024).


“Jadi banyaknya tuh protein, each day product, susu, telur, sea meals. Tapi nggak semua begitu ya,” sambungnya.

Dalang anak mengidap eksim atau dermatitis atopik, lanjut dr Srie, bisa dipengaruhi 4 faktor Disebut juga faktor genetik, lingkungan, gangguan di respons imunnya, dan gangguan pores and skin barrier.

“Eksim dermatitis atopik itu dipengaruhi 4 hal, satu ada faktor genetik, kedua faktor lingkungan yang tadi, ketiga Merupakan ada gangguan di respons imunnya, keempat gangguan pores and skin barrier. Nah itu ada 4 faktor,” kata dr Srie.

dr Srie menekankan kepada para orang tua Bila mereka memiliki peran sangat penting pada anak yang mengidap eksim. Sehingga, orang tua Dianjurkan Sungguh-sungguh mengerti tentang mengobati ruam tersebut.

“Mereka (orang tua atau caregiver) Dianjurkan secara rutin mengaplikasikan pelembab. Merupakan tantangan tersendiri mengoleskan pelembab pada anak,” lanjut dr Srie.

“Dengan perawatan kulit yang konsisten dan rutin itu, justru itulah yang Pernah terbukti untuk mengurangi frekuensi kekambuhan eksema-nya,” sambungnya.

Salah satu ideas yang benar untuk mengoleskan pelembab pada bagian kulit anak yang mengalami ruam Merupakan dioleskan beberapa menit setelah mandi. Hal ini menurut dr Srie efektif untuk membuat kulit anak tidak kering.

“Kuncinya Merupakan Trik pakainya, pertama Merupakan waktu pengolesan pelembabnya. Jadi pelembab itu paling baik dioleskan ketika kulitnya masih lembab, jadi segera sesudah mandi, jadi dalam 3 menit setelah mandi Dianjurkan Pernah dipakai,” kata dr Srie.

“Kenapa? Karena kita Wajib air sisa mandi itu sebetulnya. Kedua Merupakan jumlah, nggak boleh irit-irit,” tutupnya.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *