Apa Itu Terapi Bekam? Ini Manfaat, Metode, dan Efeknya

Apa Itu Terapi Bekam? Ini Manfaat, Metode, dan Efeknya

Jakarta

Bekam Merupakan terapi yang cukup populer di Indonesia. Bekam dikenal dengan sebutan hijamah di daerah asalnya, yaitu kawasan Arab, atau Bahkan disebut cupping remedy dalam bahasa Inggris.

Disebut cupping karena prosesnya menggunakan cangkir untuk menyedot kulit sehingga darah Bahkan ikut mengalir lebih deras. Simak penjelasan lengkap, mulai dari pengertian, manfaat, metode, dan efek sampingnya.

Apa Itu Bekam?

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, bekam Merupakan terapi penyedotan lokal darah dari sayatan kulit kecil untuk mengeluarkan darah statis atau kental yang mengandung racun. Berbeda dengan ada Bahkan jenis bekam yang tidak Wajib mengeluarkan darah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Proses utamanya Merupakan dengan melakukan pemvakuman kulit menggunakan cangkir. Hal ini membuat tubuh merespons Supaya bisa darah mengalir lebih lancar pada titik-titik tersebut, sehingga dapat memberi manfaat tertentu.

Bekam termasuk metode Perawatan kuno yang ada sejak Kerajaan Sumeria, berkembang sampai Babilonia, Mesir kuno, Saba, dan Persia. Perawatan ini Bahkan populer di kalangan muslim karena diterapkan pada zaman Nabi Muhammad.

Pada zaman dulu, bekam menggunakan tanduk kerbau atau sapi, tulang unta, atau gading gajah. Konon terapi ini dikenal di Indonesia karena diperkenalkan para pedagang Gujarat dan Arab yang menyebarkan agama Islam di Nusantara.

Bekam Di waktu ini Pernah dimodifikasi dengan semakin baik dan mudah dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah, Disebut juga menggunakan peralatan yang higienis, Ekonomis, dan efektif.

Manfaat Terapi Bekam

Dilansir dari On a regular basis Well being, bekam atau cupping remedy bisa memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut:

1. Mengurangi Nyeri dan Sakit Otot

Bekam sering digunakan untuk mengobati para Olahragawan atau seseorang yang mengalami nyeri dan sakit otot. Beberapa penelitian menunjukkan bekam dapat Membantu pemulihan otot.

2. Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Beberapa penelitian menunjukkan orang dengan sakit kepala kronis atau migrain dapat merasakan manfaat dari bekam. Sebuah studi yang diterbitkan pada Februari 2019 di Biomedical Analysis and Remedy, dari 132 orang dengan migrain dapat mengalami penurunan intensitas nyeri yang signifikan setelah melakukan terapi bekam.

3. Memperbaiki Sindrom Lorong Karpal

Bekam Bahkan dapat Membantu mengobati sindrom lorong karpal. Kondisi tersebut menyebabkan mati rasa, kesemutan, dan nyeri di tangan dan lengan bawah.

4. Membantu Mengatasi Radang Sendi

Terapi bekam dapat meringankan gejala radang sendi. Sebuah penelitian membandingkan efek 11 sesi bekam dalam 2 pekan dengan mengkonsumsi 650 miligram Medis pereda nyeri asetaminofen tiga kali sehari dalam 2 pekan. Hasilnya, mereka yang melakukan bekam merasa lebih baik dibandingkan minum Medis.

5. Membantu Mengatasi Kelelahan

Orang yang teratur mendapatkan terapi bekam mengklaim adanya manfaat kesehatan psychological yang signifikan. Terapi ini Bahkan Membantu meredakan stres, Mengoptimalkan Damai, bahkan mengatasi masalah suasana hati.

Metode Bekam

Bekam kebanyakan menggunakan gelas kaca atau plastik, Berbeda dengan bekam Bahkan dapat menggunakan bahan bambu, keramik, baja, dan silikon. Dirangkum dari situs Cleveland Clinic dan Healthline, berikut ini beberapa metode dalam terapi bekam:

1. Metode Kering

Metode bekam kering dilakukan dengan Trik memanaskan bagian dalam cangkir Pada metode tradisional Berencana melibatkan bola kapas yang dibasahi alkohol.

Panas Berencana mengeluarkan oksigen di dalam cangkir, sehingga menciptakan ruang hampa udara. Hal ini membuat kulit terisap dan membentuk bulatan-bulatan.

2. Metode Basah

Metode basah melibatkan proses pendarahan karena menggunakan jarum untuk menusuk bagian kecil kulit sebelum menempatkan cangkir. Metode ini Berencana menyedot darah yang kental dengan tujuan melepaskan racun di dalamnya.

3. Metode Bergerak

Metode ini seperti bekam kering, tetapi sebelumnya terapis Berencana mengoleskan lotion atau minyak ke kulit Supaya bisa cangkir dapat dipindah-pindahkan dengan mudah ke daerah yang diinginkan.

4. Metode Kilat

Metode bekam kilat dijalankan dengan proses penyedotan dan pelepasan cangkir secara Mudah dan berulang-ulang pada suatu space tubuh.

Efek Lain Bekam

Selain memiliki manfaat, ada kemungkinan efek samping dari terapi bekam. Berikut ini beberapa komplikasi bekam dan ketahui Bahkan siapa saja yang sebaiknya menghindari bekam.

1. Risiko dan Komplikasi Bekam

Terapi bekam relatif berisiko rendah, tetapi Anda Kemungkinan bisa mengalami hal berikut ini:

  • Luka bakar akibat cangkir yang panas
  • Memar
  • Lemas
  • Sakit kepala
  • Otot tegang
  • Mual
  • Infeksi kulit, gatal atau jaringan parut.

Dalam kasus yang Jarang berlangsung, orang Kemungkinan mengalami sinkop vasovagal (pingsan setelah tekanan darah dan detak jantung turun) setelah mendapatkan bekam basah.

2. Siapa yang Dianjurkan Menghindari Bekam?

Beberapa orang sebaiknya menghindari bekam Manakala memiliki riwayat berikut ini:

  • Anemia
  • Menggunakan alat pacu jantung
  • Penyakit kardiovaskular
  • Gangguan pendarahan seperti hemofilia
  • Masalah pembekuan darah, seperti trombosis vena dalam (DVT) atau riwayat stroke
  • Kejang-kejang (epilepsi)
  • Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

Demikian tadi penjelasan mengenai terapi bekam atau cupping remedy, mulai dari pengertian, manfaat, metode, dan efek sampingnya.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *