Cara Hapus Jejak Digital Masa Lalu dari Google

Cara Hapus Jejak Digital Masa Lalu dari Google

Daftar Isi



Google menyimpan information masa lalu setiap orang yang pernah masuk dalam indeks pencariannya, termasuk hal-hal buruk. Apakah kita bisa minta hapus information pribadi lawas dari seluruh layanan raksasa Teknologi Baru AS itu?

Information pribadi pengguna dan segala aktivitasnya tetap disimpan sejak mulai memakai layanan Google, termasuk mesin pencari Google hingga YouTube.

Perusahaan menggunakannya termasuk untuk kepentingan iklan tertarget (focused promoting), yakni penawaran produk yang sesuai dengan kebiasaan pengguna web.


Di luar aktivitas pencarian, pada banyak Tindak Kejahatan, information pribadi berupa aib masa lalu seseorang terungkap saat meng-Google dengan kata kunci tertentu. Bentuknya bisa berupa penyebaran foto pribadi tanpa izin hingga video porno.

Bisakah semua itu dihapuskan demi hidup lebih Tenteram?

Menghilangkan jejak digital adalah bagian dari hak seseorang untuk dilupakan (proper to be forgotten). Ini merupakan hak seseorang untuk menuntut penghapusan atau revisi informasi-informasi terkait dirinya yang tak sesuai atau tak lagi relevan pada sistem elektronik.

Indonesia sudah memiliki aturannya di Perundang-Undangan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Perundang-Undangan Perlindungan Information Pribadi (PDP).

“Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik wajib menghapus Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak relevan yang berada di bawah kendalinya atas permintaan Orang yang bersangkutan berdasarkan penetapan Lembaga Proses Hukum,” demikian bunyi Pasal 26 ayat (3) Perundang-Undangan ITE.

“Subjek Information Pribadi berhak untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan information pribadi tentang dirinya sesuai dengan Syarat peraturan perundang-undangan,” menurut Pasal 8 Perundang-Undangan PDP.

Lantaran semua perusahaan Teknologi Baru, yang resmi terdaftar, wajib ikut aturan, Google pun menyediakan jalur buat menghapus masa lalu itu. 

Google juga menyediakan dashboard yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melihat kemana saja information pribadi mereka telah dikumpulkan.

Dashboard ini memungkinkan pengguna untuk dapat menghapus semua information yang telah dikumpulkan Google, menghentikan pengumpulan information, atau secara otomatis menghapus information dalam jangka waktu tertentu.

Berikut langkah-langkah buat menghapus information yang tersimpan di Google, dikutip dari The Verge:

Temukan dulu dahulu information pengguna di akun Google

Untuk memulainya cukup mudah: Buka halaman akun Google pengguna di browser net untuk melihat langganan Google seperti, perangkat yang digunakan untuk masuk dengan akun Google, kata sandi yang tersimpan, dan informasi lainnya.

  • Klik ‘Information dan Privasi’ di sebelah kiri.
  • Cari pengaturan ‘Riwayat’. Ini dibagi menjadi tiga kategori utama: Net dan aplikasi, lokasi, dan YouTube.
  • Klik tombol ‘Aktivitas Saya’ di bagian bawah bagian itu untuk melihat daftar lengkap information ini. Pengguna akan dapat melihat semua yang telah dilakukan dan dicatat dalam Google, dimulai dengan yang terbaru.
  • Pilih ‘Filter’ menurut tanggal & produk untuk membatasi hasil pada rentang tanggal atau aplikasi tertentu.
  • Untuk menghapus filter yang diterapkan, klik ‘X’ di sampingnya di bagian atas daftar.
  • Pengguna juga dapat melihat element lebih lanjut tentang entri tersebut cukup dengan mengklik entri dalam daftar.

Hapus riwayat information dari Google

Terkait information yang telah dikumpulkan dan dicatat oleh Google, pengguna dapat menghapusnya dengan beberapa cara berbeda.

  • Jika pengguna melihat daftar aktivitas lengkap, klik ‘Hapus’ (di sebelah kanan filter). Pengguna dapat menghapus catatan dari jam terakhir, hari terakhir, atau dalam rentang khusus, atau juga dapat mengklik ‘Selalu’ untuk menghapus semuanya.
  • Jika telah memfilter daftar berdasarkan tanggal atau produk, klik ‘Hapus’, maka hasilnya ini akan menghapus semua yang cocok dengan filter.
  • Terlepas dari apakah daftar tersebut di filter atau tidak, pengguna dapat mengklik ‘X’ di samping entri manapun untuk menghapusnya.

Hapus otomatis dan matikan pengumpulan information

Jika pengguna ingin Google menghapus information secara otomatis atau berhenti mengumpulkan information, Anda bisa pakai tiga kategori berikut: Net dan aplikasi, lokasi, dan YouTube.

Dari daftar aktivitas, klik salah satu dari ‘Aktivitas Net & Aplikasi’, ‘Riwayat Lokasi’, atau ‘Riwayat YouTube’. Maka layar opsi berikutnya yang akan terlihat sangat mirip di ketiga kategori:

  • Klik ‘Matikan’ untuk berhenti mengumpulkan information dalam kategori. Jika memilih opsi ini, pilih ‘Matikan’ untuk menyimpan information yang dikumpulkan sejauh ini atau ‘Matikan’ dan hapus aktivitas.
  • Jika memilih untuk menghapus information, maka pengguna akan diperlihatkan pratinjau information yang dihapus sebelum mengkonfirmasi tindakan tersebut.
  • Di bagian bawah halaman, terdapat opsi ‘Pilih’ untuk hapus otomatis agar information dalam kategori ini dihapus setelah jangka waktu tertentu tergantung pengguna, seperti 3 bulan, 18 bulan, atau 36 bulan.



Sumber: CNNINDONESIA : Cara Hapus Jejak Digital Masa Lalu dari Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *