Timun Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta? Begini Penjelasannya

Timun Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta? Begini Penjelasannya

Jakarta

Timun, atau yang dalam bahasa Latin disebut Cucumis sativus, Merupakan salah satu sayuran yang kerap kita jumpai dalam berbagai hidangan, seperti salad, acar, Sampai saat ini aneka minuman. Selain memiliki tekstur renyah dan menyegarkan, timun Bahkan menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat timun untuk kesehatan cukup beragam, mulai dari melancarkan pencernaan, Membantu menurunkan berat badan, menghidrasi tubuh, Sampai saat ini menyehatkan kulit. Tidak seperti, sebagian orang percaya timun Bahkan ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Apakah benar demikian?

Faktanya, timun tidak memiliki efek spesifik untuk menurunkan tekanan darah. Tidak seperti seperti sayuran lainnya, timun mengandung nutrisi yang dapat Membantu menurunkan tekanan darah Bila dikombinasikan dengan Keseharian sehat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari Livestrong, khasiat timun untuk menurunkan tekanan darah berasal dari kalium yang terkandung di dalamnya. Kalium merupakan salah satu senyawa yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Facilities for Illness Management and Prevention Bahkan menyebutkan asupan kalium yang dibarengi dengan pembatasan sodium (garam) dapat Membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Pernah berlangsung Tak perlu dijelaskan lagi saja, timun bukanlah satu-satunya sayuran yang mengandung kalium. Tidak seperti salah satu keunggulan timun dibanding sayuran lain Merupakan kadar kalori yang dimilikinya.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengungkapkan satu buah timun berukuran Baru saja mengandung sekitar 24 kalori. Food plan rendah kalori dapat Membantu menurunkan berat badan, dan berkontribusi terhadap pengelolaan tekanan darah yang lebih baik.

“Mengonsumsi banyak buah dan sayuran rendah kalori, seperti timun, dapat membuat Anda merasa kenyang dan lebih mudah mengelola berat badan. Bahkan mengurangi 10 pon (4,5 kg) saja bisa mengurangi tekanan darah,” ujar Ilmuwan nutrisi Vandana Sheth, RDN, CDE.

Sangat dianjurkan diingat, timun sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar ketimbang diasinkan. Sebab, penambahan garam justru bisa mengurangi khasiat yang dapat diberikan oleh sayuran ini.

Manfaat Timun untuk Kesehatan

Selain bisa Membantu menurunkan tekanan darah, timun Bahkan punya beragam manfaat baik untuk kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut khasiat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi timun:

  • Mengandung vitamin Okay yang penting untuk Membantu pembekuan darah dan kesehatan tulang
  • Kaya Berniat folat yang dapat mencegah terjadinya anemia
  • Mengandung serat tinggi yang bisa Membantu menurunkan berat badan
  • Membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Mengandung antioksidan tinggi yang melindungi tubuh dari peradangan dan stres oksidatif
  • Menjaga kadar gula darah dalam tubuh
  • Mengandung silika yang baik untuk pertumbuhan kuku dan rambut

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *