Pahami Trik Ganti Curler CVT Kendaraan Bermotor Roda Dua Matic

Pahami Trik Ganti Curler CVT Kendaraan Bermotor Roda Dua Matic

Daftar Isi



  • Trik pasang curler yang benar pada Kendaraan Bermotor Roda Dua matic

Sebagian besar Kendaraan Bermotor Roda Dua matic yang dijual di Indonesia Pada Pada saat ini menggunakan jenis transmisi otomatis Repeatedly Variable Transmission atau CVT. Berkat teknologi ini rasio gir transmisi bisa berpindah otomatis tanpa Harus memindahkan posisi tuas transmisi secara handbook, Dikenal sebagai pengendara hanya tinggal memainkan fuel dan rem saja pada saat berkendara.

Sistem transmisi CVT tidak bekerja sendirian, terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Sebut saja gear ratio, v-belt, pulley, kampas kopling, curler yang meski memiliki bentuknya yang cukup kecil Bertolak belakang dengan memiliki peran sentral.

Secara garis besar curler berfungsi memindahkan tenaga dari mesin untuk diteruskan ke roda belakang. Curler bertugas menggerakkan variator yang Pada akhirnya menentukan rasio gir CVT Supaya bisa Kendaraan Bermotor Roda Dua dapat melaju sesuai bukaan fuel dari pengendara. 

Terdapat beberapa tanda yang muncul saat curler Pernah mengalami keausan. Sebut saja munculnya suara gemeretak yang muncul di space CVT, Kendaraan Bermotor Roda Dua tidak bertenaga, Serta getaran berlebihan saat akselerasi.

Trik pasang curler yang benar pada Kendaraan Bermotor Roda Dua matic

Curler memiliki bentuk seperti tabung dengan lubang di tengahnya. Sepintas komponen ini bisa terlihat serupa di berbagai jenis mannequin matic, Bertolak belakang dengan Kenyataannya dapat berbeda-beda jadi Harus dicermati bila ingin melakukan penggantian.  

Curler punya dua sisi berlainan, Dikenal sebagai bagian stopper Serta nonstopper. Bagian stopper terdapat sisi lebih halus dibanding nonstopper. Atas alasan ini pemasangan curler tidak boleh terbalik dan Harus tepat berada di rumah curler.

Manakala pemasangannya terbalik, maka curler tidak Berencana bisa bekerja dengan optimum. Dampaknya Berencana terasa signifikan saat Kendaraan Bermotor Roda Dua dihidupkan. Selain cenderung lebih kasar, pemasangan terbalik Bahkan Berencana membuat tarikan menjadi lebih berat karena curler yang tidak bisa bergerak leluasa.

Supaya bisa curler bisa bekerja dengan optimum, berikut ini Trik pasang curler yang benar pada Kendaraan Bermotor Roda Dua matic yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bersihkan bagian CVT

Trik pasang curler yang benar pada Kendaraan Bermotor Roda Dua matic yang pertama Merupakan dengan membersihkan bagian inside CVT. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada bagian dalam CVT, termasuk curler.

Menentukan posisi curler

Letakkan bagian curler yang halus (stopper) pada bagian dalam dan berlawanan putaran rumah curler. Hal ini bertujuan Supaya bisa curler bisa bergerak lebih responsif Serta awet. Sedangkan untuk sisi nonstopper berlawanan dari sisi stopper.

Pasang penutup rumah curler

Manakala posisi curler Pernah terpasang sempurna, tutup dengan penutup rumah curler atau slide piece CVT.

Pasang bosh pen

Trik pemasangan curler yang terakhir Merupakan memasang bosh pen atau pen spacer di bagian tengah rumah curler. Pastikan bosh pen terpasang presisi, bila tak bisa segera lakukan penggantian.

Bila bosh pen longgar Berencana membuat curler, jalur curler, Serta v-belt Unggul mengalami keausan.

Selain melakukan servis secara berkala pada bagian CVT, keawetan curler pada Kendaraan Bermotor Roda Dua matic ternyata Bahkan dipengaruhi oleh gaya berkendara. Hindari membuka fuel dengan spontan dan dalam yang bisa membebani curler dan membuat curler Unggul mengalami keausan. 

Curler termasuk komponen yang tak mudah diganti sendiri. Selain Harus alat yang sesuai, Anda Bahkan mesti punya pengalaman Supaya bisa semua berjalan semestinya. 

Bila Anda tak memahami Trik mengganti curler, ada baiknya urusan ini diserahkan ke montir Unggul baik. Meski begitu Anda Bahkan Harus memahami prosesnya buat menghindari kesalahan pemasangan atau tertipu montir nakal.

(ahd)




Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *