Mendekati Ajal, Pasien Kanker Akan segera ‘Hidupkan’ Dirinya Lewat AI untuk Temani Istri

Mendekati Ajal, Pasien Kanker Akan segera ‘Hidupkan’ Dirinya Lewat AI untuk Temani Istri


Jakarta

Seorang pasien kanker usus besar stadium akhir di Jerman bernama Michael Bommer (61) memicu Perdebatan setelah membuat ‘dirinya’ versi AI untuk menemani sang istri, Anett Bommer. Ia berharap dengan AI ini, ia tetap bisa ‘berbicara’ dengan istrinya meski dirinya Pernah meninggal dunia.

Bommer bekerja sama dengan dengan seorang temannya, Robert LoCascio, untuk membangun platform tersebut. LoCascio mengatakan bahwa alat ini merekam pengguna yang mengucapkan 300 frasa dan menangkap esensi suara seseorang. Lebih lanjut, alat tersebut bisa mengajukan pertanyaan tentang kesukaan, ketidaksukaan, pribadi, bahkan Sampai sekarang pandangan politik.

Menyusul ramainya professional dan kontra terkait idenya ini, Bommer yang divonis memiliki hidup sisa beberapa minggu lagi menolak anggapan bahwa dirinya membuat voicebot karena ingin ‘hidup abadi’.


“Dalam beberapa minggu saya Akan segera pergi ke ‘sisi lain’. Tidak ada yang tahu apa yang Akan segera terjadi di sana,” kata Bommer dikutip dari AP Information, Kamis (6/6/2024).

Proses pembuatan voicebot AI Bommer menghabiskan setidaknya 15 ribu greenback AS (Rp 244,6 juta). Alat tersebut nantinya bisa menjawab pertanyaan Sampai sekarang menceritakan kisah hidup Bommer tanpa mengeluarkan jawaban yang Pernah direkam sebelumnya.

Bommer menegaskan keberadaan voicebot AI tersebut tidak Akan segera menghilangkan kesedihan sang istri. Sekalipun, demi berjaga-jaga, ia menyiapkan semua hal tersebut.

Berkaitan dengan aksi yang dilakukan oleh sang suami, Anett mengaku ragu. Ia tak yakin bakal menggunakan perangka tersebut Bila suaminya meninggal dunia.

“Tetapi sekali lagi, siapa yang tahu bagaimana jadinya Bila Ia tidak ada lagi,” tandas Anett.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *