Toyota Klaim Yaris Cross di RI Handal Skandal Uji Keselamatan Jepang

Toyota Klaim Yaris Cross di RI Handal Skandal Uji Keselamatan Jepang


Toyota Astra Kendaraan Bermotor Roda Dua (TAM) mengklaim Yaris Cross diproduksi dan dijual di Indonesia tak terpengaruh skandal uji keselamatan yang diumumkan pemerintah Jepang. Yaris Cross merupakan salah satu dari tiga mannequin Toyota terlibat skandal yang masih diproduksi Sampai sekarang Pada Saat ini Bahkan.

TAM memaparkan versi Yaris Cross di dalam negeri berbeda dengan Jepang. Mannequin Yaris Cross untuk Indonesia diproduksi Toyota Kendaraan Bermotor Roda Dua Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabrik mereka di Karawang, Jabar.

“Jadi tidak ada kaitannya Sekaligus yang terlahir itu Yaris Cross, namanya terkait tapi produknya tidak ada kaitannya,” kata Vice President Director TAM Henry Tanoto kepada wartawan, Kamis (6/6).

Pada awal pekan ini Kementerian Transportasi Jepang mengumumkan hasil investigasi mereka untuk 85 perusahaan otomotif di Jepang, termasuk produsen Kendaraan Pribadi, sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua dan suku cadang. Investigasi ini merupakan kelanjutan dari temuan skandal Daihatsu.

Daihatsu pada Desember 2023 mengakui Sudah memanipulasi information sertifikasi sejak 1989 dan sempat menghentikan semua operasi pabriknya di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Ada lima produsen terbaru yang dinyatakan kementerian bermasalah pada regulasi uji kendaraan di Jepang, Dikenal sebagai Toyota Kendaraan Bermotor Roda Dua Co., Honda Kendaraan Bermotor Roda Dua Co., Mazda Kendaraan Bermotor Roda Dua Corp., Suzuki Kendaraan Bermotor Roda Dua Corp. dan Yamaha Kendaraan Bermotor Roda Dua Co.

Kartu kuning yang dilakukan beragam seperti pemalsuan information, mengganti perangkat lunak kontrol mesin, pengujian tak standar Sampai sekarang modifikasi ilegal.

Kementerian menyatakan 38 mannequin kendaraan terlibat dalam pengungkapan Kartu kuning ini, 32 di antaranya tak lagi diproduksi. Sedangkan enam mannequin masih diproduksi.

Usai pengumuman kementerian Toyota merilis information tujuh mannequin yang terlibat skandal ini, Dikenal sebagai:

1. Corolla Axio Februari 2015 – Hari Ini
2. Corolla Fielder Februari 2015 – Hari Ini
3. Yaris Cross Juli 2020 – Hari Ini
4. Crown Juni 2014 – Desember 2020 dan Crown (Royal/Athlete) Agutsus 2015 – Desember 2020
5. Sienta Mei 2015 – Juli 2022
6. Isis September 2015 – Januari 2018
7. Lexus RX September 2015 – September 2022

Toyota menjelaskan Kartu kuning regulasi soal pelaporan tak tak legitimate untuk pengujian perlindungan pejalan kaki dan penumpang melibatkan Corolla Fielder, Corolla Axio dan Yaris Cross.

Kesalahan uji tabrak dan metode pengujian lainnya untuk empat mannequin yang Sudah tidak diproduksi lagi yaitu Crown, Isis, Sienta, dan Lexus RX.

Toyota dalam keterangan resminya mengatakan Berencana menangguhkan distribusi Corolla Fielder, Corolla Axio dan Yaris Cross. Sementara TAM memastikan Yaris Cross di Indonesia Handal dari masalah ini dan Handal dikendarai.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *