Energi Metafisika Bintang Laut, Rukunkan Keluarga & Lancarkan Rejeki

Di balik bentuknya yang menawan dan unik, ternyata bintang laut memiliki khasiat magis sebagai pelancar rejeki dan mengharmonisasikan rumah tangga dan peredam emosi.”

Masyarakat meyakini bahwa laut merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Di dalamnya terdapat beraneka macam tanaman dan ikan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan bagi manusia. Karena itu, dalam filosofi masyarakat Bali, laut diidentikkan sebagai tirta amerta atau air suci sebagai sumber kehidupan bagi manusia.

Selain sebagai gudang bahan makanan bagi manusia, laut juga menyimpan berbagai benda yang diyakini memiliki energi spiritual, orang Bali menyebutnya isin arungan. Salah satu benda yang diyakini memiliki kekuatan magis adalah bintang laut.

Biota laut ini memang terlihat unik. Memiliki lima buah jeriji, bentuknya diidentikkan dengan bintang di langit sehingga disebut dengan bintang laut. Biota laut ini biasanya hidup di perairan dangkal yang banyak ditumbuhi terumbu karang.

Di balik bentuknya yang indah, menurut tokoh spiritual Yudhi Suryawan,  ternyata bintang laut menyimpan kekuatan magis yang bermanfaat bagi manusia, di antaranya untuk memperlancar rejeki dan menghamoniskan rumah tangga.

Keyakinan ini, menurut pinisepuh perguruan Semar Maya ini,  didasari dari bentuk bintang laut yang memiliki lima buah kaki. Lima buah kaki ini merupakan simbol penunjuk arah menuju lima gerbang rejeki yang dihubung-hubungkan dengan mantra pembuka lima pintu rejeki. Sebagai penunjuk lima arah rejeki, ke mana saja melangkah, rejeki akan selalu mengalir.

Namun ada lelaku yang harus dijalankan sebagai persyaratan untuk membangkitkan energi bintang laut. Syaratnya, bintang laut harus diambil saat bulan purnama ketika bulan muncul dari ufuk timur. Cahaya yang menerpa bumi ini diyakini sebagai aura alam. Aura dari cahaya rembulan yang menerpa laut ini akan diserap oleh bintang laut.

Bintang laut yang didapat pada saat itu, langsung diberi mantra-mantra dengan lelaku berendam sebatas dada. Jika lelaku ini berhasil, akan ada pertanda tertentu yang dirasakan, seperti bisikan di telinga sebagai jawaban apakah bintang laut ini bisa digunakan sebagai jimat pelancar rejeki. Selanjutnya bintang laut ini diletakkan di atas pasir agar kembali terkena sinar bulan purnama. Setelah itu baru dibawa pulang dan ditempatkan di tempat usaha.

Hamonisasi Rumah Tangga

Kekuatan energi bintang laut juga bisa digunakan untuk meredam emosi dan mengharmonisasikan atau merukunkan rumah tangga yang sering dilanda masalah dan percekcokan tanpa sebab yang jelas. Untuk tujuan tersebut, lelakunya berbeda dengan yang di atas.

Bintang laut yang bisa digunakan adalah bintang laut yang didapat saat matahari hendak tenggelam di ufuk barat yang disebut saat sandya kala. Ketika didapatkan langsung diletakkan di dada disertai permohonan untuk tujuan yang diinginkan dengan posisi menghadap ke arah tenggelamnya matahari.

Setelah dibawa ke rumah, bintang laut disiram dengan air kumkuman (air kembang) selama tiga hari. Bunga yang dipakai di antaranya bunga kantil, cempaka dan kenanga atau melati dan sedap malam. Setelah tiga hari, bintang laut ditanam di pekarangan rumah dengan posisi menghadap ke arah timur. Ritual dilakukan saat senja hari, ketika matahari menjelang tenggelam di arah barat. Saat ditanam diisi segenggam kembang berbagai macam warna.

Jimat

Bintang laut juga bisa digunakan sebagai jimat untuk jaga diri. Untuk tujuan tersebut, tentu sangat mustahil menggunakan bintang laut berukuran besar karena tidak efisien. Karena itu harus dicari bintang laut berukuran kecil yang bisa dimasukkan ke dalam saku celana atau dompet. Bintag laut yang telah dirituali dan diberi doa-doa akan mampu mentralkan energi negatif agar terhindar dari berbagai serangan gaib.

Bintang laut berukuran kecil ini memiliiki fungsi ganda. Selain untuk menolak serangan gaib dan energi negatif, sekaligus juga bisa berfungsi untuk penarik rejeki sehingga sangat cocok digunakan oleh para pedagang keliling, atau yang bergelut di bidang jasa keliling. Bintang laut ini akan mampu memberikan sinar untuk daya tarik.