Gawat!! Lonjakan Covid Korea Selatan Menggila

source : bbc

Otoritas Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea atau KDCA melaporkan rekor tertinggin kasus harian akibat virus corona. Laporan itu menyebutkan adanya 383.665 kasus terinfeksi  Corona  dalam 24 jam terakhir di negara KPop tersebut.

Melansir laporan Reuters, KDCA lonjakan kasus tersebut hanya terjadi dalam satu hari saja. Penyebaran virus tersebut terutama varian Omicron yang makin tinggi. Dari laporan angka kasus sebelumnya, KDCA melaporkan terjadinya kematian akibat covid-19 ini sebanyak  158 pasien.

Lonjakan tertinggi kasus omicron di Korsel, source : cna

Korea Selatan saat ini memang tengah  menghadapi gelombang Omicron dengan lebih dari 200.000 kasus Corona baru dicatat hampir setiap hari bulan maret ini saja.  Bahkan sumber lain menyebutkan ada lebih dari sejuta penduduk Korsel yang memilih mengisolasi diri secara mandiri karena   positif Corona.

Kondisi ini diperburuk dengan momen jelang pemilihan presiden. Pemerintah Korea Selatan saat ini tengah berupaya untuk mengubah undang-undang pemilihannya, guna   memastikan warga yang sedang menjalani isolasi tetap dapat menggunakan hak pilihnya. Saat ini tengah dirancang sistem bagi orang yang terinfeksi atau dikarantina dapat masuk mobil atau ambulans yang disediakan oleh pemerintah  ke tempat pemungutan suara di bilik yang terisolasi.  

Banyak warga memilih untuk mengisolasi diri, source : bbc


Korea Selatan awal adalah satu negara yang paling awal berhasil menahan laju penyebaran virus Corona berikut  lonjakan kasus. Mereka secara cepat dan massif  melakukan pengujian dan pelacakan kontak. Ini adalah pelajaran berharga bagi Indonesia yang tengah memasuki tahap pelonggaran, agar tidak lali dan menerapkan protokol kesehatan bagi warganya.