Memprediksi Kematian Lewat Hidung

source : discover magazine

Tahukah Anda, penciuman ternyata dapat memprediksi umur seseorang. Bukannya ingin menakut-nakuti, tapi itulah hasil yang didapatkan dalam serangkaian penelitian ilmiah. Menurut para ilmuwan, indera penciuman juga dapa memprediksi kematian seseorang. Seiring bertambahnya usia, indera penciuman makin tak sensitif. Berdasarkan hasil studi, makin tak mengenali bau artinya akhir usia makin dekat.

Peneliti Rush University Medical Center di Chicago mencapai sebuah kesimpulan yang mencengangkan. Makin tajam penciuman seseorang, kemungkinan usia hidup mereka akan lebih lama lagi. Sementara, kesulitan dalam mengenali dan mengidentifikasi bau di usia senja cenderung berhubungan dengan peningkatan risiko kematian.

Penelitian ilmiah ini menguji sekitar seribuan relawan dalam rentang usia 53-100, dengan standar uji bau 12 barang. “Kami menggunakan uji coretan dan bau, tiap bau di mana partisipan memiliki empat pilihan,” ujar Dr Robert Wilson, pemimpin studi pada Universitas itu.

Deteksi kematian bisa dilakukan lewat indra penciuman, source : emr

“Jenis bau yang kami ujikan adalah bau-bauan yang cukup akrab, seperti asap, lemon, coklat hitam, lada dan kayu manis,” imbuhnya. Pedoman yang ditentukan pada partisipan adalah tidak boleh ada peserta tes yang menderita demensia atau Parkinson dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Selama periode penelitian ini, 321 orang atau 27,6% meninggal.

Uniknya, peneliti mendapati risiko kematian 36% lebih tinggi pada mereka yang hanya mampu menjawab enam pertanyaan dengan benar ketimbang mereka yang berhasil mengidentifikasi 11 dari 12 pertanyaan. Perhitungan ilmiah juga menyertakan faktor usia, kecacatan, depresi, disfungsi otak dan kegiatan rekreasi dalam perhitungan akhirnya. “Hasil penelitian menunjukkan kesulitan mengidentifikasi bau di usia senja terkait peningkatan risiko kematian,” kata Wilson, dalam studi yang diterbitkan di jurnal Chemical Sense tersebut. Belajar dari penelitian ini, mulai sekarang, latihlah indera penciuman Anda.