Awas!!! Bibit Kanker Ada di Mobil

Bentuk hidung ideal menjadi idaman banyak orang, source : medo

Mobil ternyata menjadi sarang yang nyaman bagi bibit kanker. Cara menyalakan AC mobil disaat yang tak tepat di klaim menjadi penyebabnya.

Riset terbaru menemukan, jika biang kanker ternyata juga dapat bersarang pada mobil Anda. Salah satu sebabnya justru karena kegemaran kita mengusir panas saat berada di mobil dengan AC.

Namun kondisi ini hanya terjadi pada mobil yang berhenti, terparkir dan terpapar panas matahari dalam jangka waktu tertentu.  Karenanya usai memarkir mobil, jangan langsung menyalakan mobil berikut AC. Berikan sedikit waktu untuk membuka jendela usai mobil terpapar panas. Kemudian, nyalakan AC untuk beberapa saat dengan kondisi pintu atau kaca jendela mobil yang masih tetap terbuka.

Mengapa hal ini harus dilakukan? Ternyata, aliran udara dingin yang tersembur dari AC yang tengah tercampur dengan hawa panas kabin mobil dapat mengakibatkan kanker apabila terhirup. Sebab menurut riset dashboard  , jok dan pengharum kabin mobil mengakibatkan terbentuknya benznen, toksin pemicu kanker (karsinogen). Selain mengakibatkan kanker, benzene juga dapat meracuni tulang-tulang manusia, yang mengakibatkan anemia serta turunnya jumlah sel darah putih.

Hembusan dingin tak selamanya membuat nyaman, source : pakarauto

Apabila terhirup terus-menerus dalam periode waktu yang lama bisa mengibatkan leukemia, menaikkan kemungkinan kanker. Tingkat Benzene dalam ruangan yang dapat ditolerir oleh tubuh sebesar 50mg/ft2. Mobil yang terparkir didalam ruangan  dengan jendela tertutup mampu membuat 400-800 mg Benzene. Sementara bila diparkir diluar dan dibawah paparan sinar matahari, pada temperature 15 derajat ke atas maka tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40 kali dari ambang batas, Benzene yang mampu ditoleransi tubuh.

Orang yang langsung masuk dan menjalankan mobil tanpa membuka jendela akan menghirup banyak toksin. Benzene juga dapat mempengaruhi ginjal serta hati. Celakanya, tubuh tidak mampu membasmi racun ini. Oleh karena itu, sebelum masuk mobil, apalagi yang terpapar sinar matahari, bukalah jendela atau pintu, berikan kesempatan Benzene untuk keluar dari mobil.